Tips Membuat Anak Tidur Siang

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Setiap orangtua selalu menyuruh agar anak selalu tidur siang. Akan tetapi faktanya terkadang pada saat anak telah asik bermain dan bahkan senang asik melakukan sesuatu sehingga membuat anak tidak mau tidur siang. Tujuan orangtua menyuruh anaknya tidur di siang hari agar kebutuhan istirahat anak terpenuhi karena masa anak-anak merupakan masa yang sangat baik untuk pertumbuhan dan perkembangannya yang dapat di dukung oleh cukupnya waktu istirahat dan makan makanan yang bergizi.

Terkadang sulitnya anak disuruh untuk tidur siang membuat orangtua jengkel dan marah. Bunda memarahi anak itu hanya akan berdampak pada psikologi seorang anak, saat bunda marah sebaiknya anda menasehati dengan cara yang baik dan menjelaskan manfaatnya. Bagi anda yang sering merasa jengkel pada anak karena anak sulit tidur siang, berikut ini beberapa tips membuat si kecil tidur siang, diantaranya sebagai berikut :

  1. Membuat jadwal tidur siang si kecil dan menentukan kapan waktu mulainya dan kapan anak harus bangun. Dengan begini anak akan belajar disiplin dan dapat mengistirahatkan tubuhnya dengan konsisten.
  2. Agar sistem pencernaan tetap lancar berilah jarak antara makan siang dengan waktu tidur siang.
  3. Apabila di kamar terdapat banyak elektronik seperti tv, komputer, lampu duduk dan lainya harus anda matikan. Berikan suasa kamar senyaman dan setenang mungkin. Selain itu matikan lampu agar si kecil tidak mendengar bunyi-bunyian atau merasa silau karena lampu yang terang.
  4. Berikan pengertian dengan menggunakan kata-kata lembut dan mudah di pahami anak. Karena pada hakikatnya anak yang masih kecil akan mudah menangkap apa yang di katakan oleh orang lain baik suatu perkataan buruk ataupun perkataan baik. Contohnya anda bisa memberikan penjelasan mengenai manfaat yang dapat di peroleh dari tidur siang.
  5. Merayu dan membujuk anak agar anak tertarik untuk tidur siang. Bantal dan kasur yang di pasang dengan seprey sesuai karakter yang di sukainya dapat dijadikan salah satu daya tarik untuk anak. Selain itu anda dapat memberikan rayuan dengan cara memberikan janji makanan yang disukainya.
  6. Ajak anak melakukan permainan di tempat tidur contohnya memberikan mainan boneka yang dapat di jadikan salah satu media yang bisa dijadikan untuk mendongeng. Selain itu anda bisa mengalihkannya dengan memberikan mainan kesukaanya untuk menemani si kecil tidur.
  7. Bunda dapat menemani si kecil sambil mengelus-ngelus punggung atau kepalanya dan berbicaralah dengan bawah sadar anak agar si kecil merasa mengantuk dan terlelap.
  8. Jangan menciptakan suasana bising yang dapat mengganggung si kecil saat tidur.
  9. Apabila anda menginginkan anak selalu tidur siang, ajaklah anak untuk melakukan aktivitas dengan aktif di pagi hari. Cara ini dapat bunda lakukan dengan cara mengajak anak jalan-jalan di pagi hari mengelilingi komplek dan mengajarkan mengenai alam dan lingkungan yang ada, selain itu anda dapat melibatkan anak pada saat anda melakukan aktivitas di rumah seperti memasak dan bersih-bersih rumah. (KMY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here