Tips Membuat Tisu Basah yang Aman untuk Bayi

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Tisu merupakan kebutuhan rumahan yang digunakan hanya sekali pakai dan kemudian dibuang. Tisu dilihat dari sisi kegunaannya bisa disebut sebagai suatu alat penggati lap, karena tisu digunakan untuk membersihkan sesuatu seperti membersihkan muka, membersihkan meja, membersihkan pakaian yang terkena noda, dan lain sebagainya. Tisu dibagi menjadi dua jenis yaitu tisu kering dan tisu basah. Tisu basah yang tidak mengandung alkohol disebut dengan wet tissue. Sedangkan tisu basah yang mengandung alkohol disebut dengan wet wipes atau baby wipes yang digunakan khusus untuk bayi.

Tisu basah untuk bayi biasanya di pakai untuk membersihkan bayi. Terkandang bahan tambahan yang ada di dalamnya mengandung antiseptik, vitamin E, tea tree oil, chamonile, parfum, essensial oil, dan lain-lain. Banyak merk tisu basah yang beredar dipasaran. Biasanya perbedaan harga dipengaruhi oleh bahan tambahan yang dimasukan.

Bagaimana cara membuat tisu basah yang aman untuk bayi?

Bahan yang digunakan untuk membuat tisu basah yaitu siapkan 1 roll tisu gulung, 1 container atau wadah plastik yang sesuai dengan tempat penyimpanan tisu, 1 gelas air, 1 sdm baby wash, ½ sendok baby oil atau coconut oil.

Langkah-langkah membuat tissu basah untuk bayi, diantaranya:

  1. Potong tisu gulung menjadi dua bagian
  2. Letakan 1 potongan tisu tersebut ke dalam wadah plastik yang ukuranna sesuai, usahan tinggi wadah plastik sedikit lebih atas dari tisu. Masukan kertas pemisah dibagian bolong tisu
  3. Masukan 1 sdm baby wash ke dalam 1 gelas air. kemudian masuka ½ baby oil atau coconut oil
  4. Aduk hingga rata ramun tersebut
  5. Tuangkan ramuan yang telah kita buat secara merata kedalam tisu yang ada di dalam wadah plastik. Usahakan agar semua tisu terkena ramuan yang telah dibuat
  6. Setelah itu tutup wadah plastik tersebut dan diamkan selama 2 sampai 5 menit
  7. Buka tutup wadah plastik tersebut dan kemudian ambil kertas pemisah tersebut
  8. Diamkan kembali selama 2 menit
  9. Setalah didiamkan selama 2 menit maka jadilah tisu basah yang anda buat dan sudah siap digunakan

Bunda sudah tahukan bagaimana caranya membuat tissu basah yang aman untuk digunakan si kecil, bunda bisa mencoba membuatnya sendiri dirumah. Tisu basah selain digunakan untuk bayi, ada beberapa jenis tisu basah lainnya, diantaranya:

  1. Tisu basah antiseptik

Tisu basah antiseptik digunakan sebagai pembersih tangan dan peralatan apabila tidak ada handsrub. Tisu tersebut mengandung bahan antiseptik yaitu suatu bahan yang digunakan untuk membunuh kuman.

  1. Tisu basah kewanitaan

Tisu ini digunakan sebagai pembersih alat genetalia wanita, biasanya tisu ini mengandung bahan ektra sirih dan majakani

  1. Tisu basah perjalanan

Tisu ini dipakai pada saat diperjalanan. Selain itu tisu ini biasanya diberikan di hotel, restoran dan pesawat. (KMY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here