Tips Memijat Bayi dan Manfaatnya

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Salah satu cara untuk menstimulasi sistem saraf bayi yang baru lahir adalah dengan memberikan pijatan. Meskipun tampaknya bayi yang baru lahir masih rapuh, namun penelitian menunjukkan bahwa memberikan pijat pada bayi bermanfaat untuk mendukung tumbuh kembang fisik dan emosional di tahun pertama kehidupannya. Namun, dalam memijat bayi tentu perlu kehati-hatian. Bayi yang lahir cukup bulan umumnya aman diberi pijatan sedini mungkin. Namun, pada bayi yang lahir prematur, diperlukan pemediksaan terlebih dahulu oleh tenaga medis.

Sebelum dipijat, buat bayi senyaman mungkin di ruangan bersuhu hangat. Anda bisa memijat bayi dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Tungkai. Area tungkai merupakan area yang kurang sensitif ketimbang bagian tubuh lainnya sehingga baik untuk memulai pijatan. Anda bisa menuangkan sedikit baby oil atau minyak zaitun kemudian mulai memberikan pijatan lembut pada area paha bawah hingga ke betis.
  • Kaki. Usap secara lembut masing-masing jari kaki menggunakan ibu jari. Usap pula bagian atas telapak kaki mulai jari kaki hingga pergelangan kaki. Ulangi cara ini beberapa kali pada masing-masing kaki. Akhiri dengan memegang setiap jari kaki bayi antara ibu jari dan jari telunjuk, kemudian lakukan gerakan mengusap ke atas perlahan.
  • Tangan. Setelah memijat area kaki, selanjutnya bagian lengan. Mulai pijatan area tangan dari lengan atas menurun hingga pergelangan tangan. Berikan pijatan memutar di pergelangan tangan, lalu pijat telapak tangan bayi dengan ibu jari. Setelahnya, pijat lembut jari-jari bayi Anda.
  • Dada. Untuk memijat dada, posisikan kedua tangan di area jantung bayi. Kemudian beri area tersebut pijatan lembut ke arah luar dan beri tekanan lembut pada dada dengan telapak tangan. Ulangi beberapa kali. Setelahnya, posisikan satu tangan di bagian atas dada bayi, lalu lakukan pijat lembut menurun ke arah paha.
  • Punggung. Posisikan bayi Anda dalam keadaan tengkurap. Beri pijatan memakai ujung jari pada area tulang belakang dari leher hingga bokong. Setelahnya, lakukan gerakan pijat panjang dari bahu hingga kaki.

Meksi terlihat sederhana, manfaat memberi pijat pada bayi sangat luar biasa. Pijatan merupakan salah satu cara berkomunikasi dengan bayi melalui sentuhan. Bayi akan menjadikan sentuhan yang diberikan ibunya sebagai bentuk perlindungan, kasih sayang, dan perhatian. Secara umum, pijat pada bayi bermanfaat untuk semakin menumbuhkan ikatan emosional antara ibu dan bayi, melancarkan sirkulasi darah, dan membuat tubuh bayi tetap rileks sehingga baik untuk tumbuh kembang fisik dan emosionalnya. Dengan demikian, pijat secara tidak langsung membantu membuat bayi tumbuh sehat dan bahagia. (RFZ)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here