Tips Memilih Alat Tensi untuk Dirumah

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Jika anda mencari alat cek tekanan darah yang penggunaannya paling sederhana, cobalah untuk memilih alat yang bekerja secara otomatis. Sebelum memutuskan untuk membeli tensimeter atau alat pengukur tekanan darah, alangkah baiknya untuk mengetahui informasi lebih banyak mengenai alat tersebut.

Teliti sebelum membeli merupakan hal yang penting, perhatikanlah ulasan mengenai alat tersebut, ketahui fitur apa saja yang ada pada alat tersebut. Banyak sekali jenis alat cek tekanan darah yang beredar di pasaran, pastikanlah anda memilih yang terbaik. Ada beberapa tips memilih alat tensi untuk dirumah:

  • Menentukan jenis dan model tensimeter

Untuk mengetahui mana yang tepat bagi Anda, tidak ada salahnya untuk konsultasi dulu dengan dokter yang menangani Anda. Sebaiknya pilih yang pemompaan balonnya otomatis daripada manual. Manset tekanan darah manual harus dipompa menggunakan balon karet di ujung manset.

Bedanya, tensimeter digital memiliki model manset yang bisa dimasukkan ke lengan tanpa membungkusnya. Saat ini tensimeter digital jadi pilihan bagi banyak orang karena hasilnya lebih akurat dibanding tensimeter manual. Tensimeter digital juga lebih aman karena tidak menggunakan merkuri dan penggunaannya lebih praktis karena Anda bisa mengukur tekanan darah sendiri dengan mudah tanpa perlu bantuan orang lain.

  • Pilihlah alat yang mudah digunakan

Beli alat ukur tensi yang mudah digunakan sendiri di rumah untuk memudahkan Anda memonitor tekanan darah di rumah secara rutin. Anda juga harus mempertimbangkan apakah alat tersebut mudah dibawa ke mana-mana, terutama jika Anda sering bepergian atau disarankan untuk mengukur tekanan darah beberapa kali sehari. Carilah yang praktis dan mudah dibawa ke mana-mana.

  • Pilih alat dengan harga yang tepat

Beberapa model yang lebih mahal mungkin menyertakan fitur yang bahkan tidak Anda perlukan. Oleh karena itu, akan lebih bijaksana untuk memilih monitor tekanan darah yang lebih murah asalkan dilengkapi dengan fitur yang sesuai keperluan Anda. Atau, lebih baik untuk mengeluarkan biaya tambahan pada alat yang akan Anda gunakan secara rutin.

  • Mengecek akurasi dan standar alat

Setiap alat pengukur tekanan harus melalui serangkaian protokol terstandar untuk memastikan keakuratannya. Anda juga harus memastikan sendiri keakuratan perangkat dengan memeriksa kalibrasi monitor dan memeriksa baterai secara berkala.

  • Cari ukuran manset yang tepat

Untuk menemukan ukuran manset yang tepat, ukur lingkar lengan Anda di antara bahu dan siku menggunakan pita pengukur. Manset yang tepat memiliki panjang 80% dan lebar setidaknya 40% dari lingkar lengan Anda. Jika Anda tidak yakin, tanyakan ke dokter, perawat, atau apoteker Anda mengenai ukuran yang Anda butuhkan. (KKM)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here