Tips Memilih Bra untuk Ibu Menyusui

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Setelah mengandung sang buah hati selama sembilan bulan. Tibalah waktu untuk melahirkan anak anda. Setelah melahirkan bayi, banyak sekali persiapan yang harus dilakukan agar bayi tetap dalam keadaan sehat. Salah satunya adalah menyiapkan dan memberikan ASI Eksklusif. Tentunya ASI yang sehat dan berkualitas.

Agar ASI yang berkualitas dapat diterima oleh bayi. Ada beberapa faktor yang mendukung, salah satunya bra yang digunakan oleh ibu. Tidak jarang ibu mengalami permasalahan dengan bra yang dipakai ketika menyusui.

Masalah pemakaian bra untuk menyusui antara lain, ibu memiliki kesulitan memberikan asi karena desain dari bra yang tidak sesuai untuk menyusui, iritasi pada payudara dan ketidaknyamanan.

Oleh karena itu, penting bagi anda untuk memilih bra yang sesuai dengan kebutuhan Sehingga proses menyusuipun menjadi lancar. Untuk memilih bra bagi ibu menyusui, berikut beberapa tips yang bisa digunakan :

  1. Bra dengan banyak kaitan

Pilihlah bra yang mempunyai banyak kaitan di bagian belakang. Sehingga dapat disesuaikan dengan kondisi payudara atau anda tidak akan merasa sempit atau sesak.

  1. Katup yang mudah dibuka

Gunakan bra dengan katup yang mudah dibuka dengan satu tangan. Sehingga satu tangan lagi bisa anda gunakan untuk menyangga tubuh bayi.

  1. Nyaman dikenakan

Selain mempermudah dalam memberikan ASI, penting bagi anda untuk memilih bra yang nyaman serta sesuai ukuran untuk dikenakan. Karena bra yang terlalu longgar atau terlalu ketat tidak baik untuk payudara anda dan juga menganggu aliran ASI.

  1. Hindari bra dengan kawat

Mungkin kebanyakan dari anda lebih suka memakai bra dengan jalinan kawat. Tetapi bagi ibu menyusui, sebaiknya hindari bra yang berkawat. Karena kawat yang mengelilingi bra dapat mempengaruhi aliran ASI. Produksi aliran ASI ini terletak pada payudara hingga ke belakang tulang rusuk dan ketiak, jadi gunakan bra yang bukan berkawat.

  1. Carilah bra berbahan katun

Bahan dari bra yang anda gunakan juga penting untuk diperhitungkan. Untuk bahan bra, pilihlah bra berbahan 100 persen katun agar kulit payudara dapat bernafas. Selain itu bahan katun juga dapat menyerap keringat dengan maksimal, dimana dapat menghindarkan anda dari kemungkinan timbulnya bakteri yang dapat mengakibatkan penyakit atau infeksi pada payudara.

  1. Bra khusus menyusui

Jika anda bingung memilih atau tidak menemukan bra yang sesuai. Anda bisa lebih mudah menggunakan bra khusus menyusui. Bra khusus menyusui kini sudah mudah ditemukan di pasaran. (DKA)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY