Tips Memilih Cemilan Sehat Bagi Anak

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Orang tua sering merasa khawatir anaknya lebih suka ngemil daripada makan yang sehat. Masalah yang timbul bukan karena kebiasaan ngemilnya tersebut, tapi dari komposisi makanan cemilannya. Tidak selamanya ngemil itu jelek dan tidak sehat. Tugas Anda untuk menyajikan cemilan sehat untuk anak Anda. Jika Anda adalah salah satu orang tua yang merasa bingung dengan kebiasaan ngemil sang anak, coba lakukan beberapa tips berikut:

  • Cemilan gandum

Salah satu cemilan favorit yang mempunyai rasa enak adalah gandum. Gandum bukan junk food karena mempunyai nutrisi yang sangat baik untuk pertumbuhan anak Anda. Jadi, Anda bisa menyediakan gandum di rumah sebagai bahan cemilan anak Anda.

  • Variasikan cemilan

Anda bisa membuat berbagai macam cemilan sendiri dengan berbagai variasi sesuai dengan selera Anda. Misalkan, Anda bisa menyediakan wortel atau sayuran mentah lain yang sehat. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan selai kacang pada buah seperti apel dan pisang, supaya rasanya lebih variatif dan tidak membosankan.

  • Hilangkan Junk Food Dari Rumah

Junk food adalah salah satu sumber nutrisi buruk bagi pertumbuhan anak Anda. Pastikan Anda menjauh junk food dari rumah Anda supaya anak Anda tidak mengkonsumsinya. Gantilah cemilan-cemilan yang terbuat dari junk food tersebut dengan makanan-makanan sehat seperti agar-agar dan buah-buahan.

  • Mencari menu baru

Menu-menu baru bisa Anda buat dengan memadukan berbagai makanan sehat. Dengan menu baru tersebut mungkin akan membuat anak Anda lebih tertarik karena mereka merasa tidak bosan.

  • Sajikan menu makan siang sebagi cemilan

Anda bisa menyajikan menu makan siang sebagai cemilan yang bisa disantap oleh buah hati Anda pada sore hari. Anda bisa menyajikan menu tersebut dengan berbagai makanan sehat seperti roti gandum atau telur dadar dan lainnya.

  • Cemilan enak

Cemilan sehat tidak harus hambar dan mempunyai rasa tak menentu. Anda harus membuatnya seenak mungkin untuk menggugah selera anak Anda. Anda bisa membuat puding bebas lemak atau susu yoghurt beku. Anda bisa berekspansi sesuai dengan kemampuan Anda untuk menyajikan cemilan sehat yang enak untuk buah hati Anda.

  • Mudahkan akses

Terkadang, beberapa anak paling malas jika harus dipaksa dan dibujuk. Mereka ingin melakukannya sendiri tanpa harus disuruh-suruh dan disuapi ketika makan. Jika hal itu terjadi, maka tugas Anda adalah mempermudah akses anak Anda untuk mendapatkan hal tersebut. Simpanlah beberapa cemilan sehat di lemari es atau di meja makan, sehingga mereka akan mengambilnya sendiri tanpa harus menyuruhnya untuk makan.

  • Jangan salah memilih makanan

Banyak makanan yang diberi label besar atau gambar sebagai makanan bebas lemak tetapi masih mengandung kalori dan sodium yang tinggi. Untuk menghindari hal tersebut, Anda harus benar-benar mengecek label nutrisi untuk memastikan bahwa makanan yang Anda pilih adalah sehat.

Sumber gambar : www.resepbuntik.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here