Tips Memilih Cemilan yang Sehat Bagi Anak

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Pada masa perkembangan dan pertumbuhan, Anak-anak membutuhkan nutrisi yang tepat untuk membantu perkembangan sistem kecerdasan serta kesehatan tubuhnya. Pada umumnya Anak-anak tidak begitu menyukai sarapan, makan siang, atau makan malam. Hal ini terjadi  karena nafsu makan anak yang sering terganggu. Oleh sebab itu, Anda sebagai orang tua harus bisa mengganti makanan berat dengan cemilan-cemilan yang sehat dan baik untuk anak.

Cemilan yang sehat untuk anak bisa digolongkan sesuai dengan usia. Bagi anda yang masih kesulitan memberikan cemilan yang sehat dan tepat untuk anak, artikel berikut ini cocok untuk anda simak. Berikut ulasannya.

  1. Pilih Yang Sedikit Manis

Gula memang tidak selamanya buruk bagi kesehatan asalkan tidak dikonsumsi secara berlebihan. Ketetapan tersebut bisa Anda terapkan pada saat memilih cemilan untuk anda agar mendapatkan nutrisi yang tepat. Berilah cemilan yang menyehatkan bagi anak yang memiliki rasa manis seperti minuman yoghurt atau smoothies dengan sedikit campuran susu low-fat.

  1. sediakan cemilan yang bergizi

pilihkan cemilan yang mengandung protein, karbohidrat, dan lemak secara seimbang, namun dengan porsi yang lebih kecil dibandingkan makanan pokok (utama, seperti sarapan, makan siang atau malam). Contohnya anda bisa memberikan sandwich dengan keju, roti selai kacang, puding susu, pastel, lemper, risoles, dan makaroni panggang. Anda juga bisa menambahkan cemilan dalam porsi-porsi kecil dan jangan lupa sajikan dengan tampilan yang menarik agar anak tertarik untuk menyantapnya. apabila memilih cemilan dalam kemasan, cermati komposisi bahan makanan tersebut, pastikan anak tidak mengonsumsi gula berlebih.

  1. Pastikan cemilan yang Anda sajikan aman

Pastikan cemilan yang anda sajikan kepada sanga anak aman dan bebas dari bahan tambahan pangan (BTP) yang berbahaya, seperti asam salisilat, asam borat, dietilpirokarbonat, kalium klorat, minyak nabati yang dibrominasi, nitrofurazon, formalin, dan zat-zat berbahaya lainnya. Mengkonsumsi makanan atau cemilan yang mengandung rhodamin atau formalin dapat menyebabkan kerusakan organ di dalam tubuh dan kanker. Pastikan Cemilan diolah dan disajikan secara higienis.

  1. Jangan Mudah Percaya Dengan Label Produk

Pada cemilan dalam kemasan yang terjejer di minimarket, anda bisa melihat kandungan gizi pada bagian belakang produknya. Dibelakang kemasan produk biasanya tercantum kadar gula atau lemaknya. Beberapa dari produk yang dipasarkan melabeli produknya dengan keterangan kadar kolesterolnya. Anda harus cermat dan hati-hati dalam  memilih cemilan yang sehat untuk anak. Karena apabila salah memilih cemilan dalam kemasan justru akan menyebabkan menimbunnya kolesterol baru setelah mengonsumsinya.

Sementara Untuk anak dengan status gizi yang lebih atau obesitas, cemilan juga bisa digunakan sebagai sarana untuk mengontrol asupan kalori dengan tetap mempertahankan rasa kenyang di dalam perut sang. Itulah beberapa tips untuk memilih cemilan sehat bagi anak. (AGT)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY