Tips Memilih Mainan yang Memberikan Edukasi pada Anak

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Masa anak-anak merupakan periode yang sangat bagus dalam tahap pertumbuhan dan perkembangannya. Sehingga anda sebagai orangtua harus pandai memanfaatkan moment tersebut agar si kecil menjadi anak yang pintar dalam segala hal. Untuk menunjang hal tersebut tentu dengan memenuhi kebutuhan nutrisi, istirahat, psikologi dan lain sebagainya.

Termasuk dalam hal mainan anda juga harus pandai memberikan mainan kepada anak, karena mainan salah satu barang yang disukai oleh anak. Berikut ini beberapa tips memilih mainan yang dapat memberikan edukasi untuk si keci, antara lain :

  1. Mainan sederhana. Untuk memberikan mainan yang dapat mengedukasi si kecil anda tidak perlu jauh-jauh ke toko untuk membelinya. Anda dapat memanfaatkan barang-barang yang mungkin ada di rumah, seperti buku gambar atau kertas polos, spidol warna atau lainnya. Biarkan anak berimajenasi sendiri dengan corotan yang dibuatnya menggunakan kedua bahan tersebut.
  1. Beri ruangan bermain. Agar anak bebas untuk berkreasi sebaiknya anda memberikan ruang bermain untuk si kecil. Tentu semakin anak sering berkreasi akan memberikan anak edukasi dan wawasan yang luas untuk terus belajar. Contohnya mainan lego.
  1. Mainan yang dapat merangsang imajinasi. Boneka adalah salah satu jenis mainan yang dapat merangsang imajinasi anak. Hal ini dikarenakan anak sering berbicara sendiri dengan boneka pada saat bermain selayaknya panggung pementasan drama. Anda sebagai orangtua tidak perlu bingung dan khawatir melihatnya karena hal tersebut dapat merangsang imajinasi si kecil.
  1. Mainan yang sesuai dengan lingkungan. Pada saat si kecil bermain dengan lingkungan sekitar dengan teman-temannya tentu anak akan menjadi lebih aktif dan lebih banyak berkomunikasi dengan temannya. Hal ini akan memberikan wawasan pada anak sekaligus melatihnya untuk menjadi makhluk sosial.
  1. Orangtua. Mama dan papa adalah sumber edukasi terbaik bagi si kecil meskipun mainan diluar sana dan banyak sekali jenisnya. Untuk itu anda sebagai orangtua harus menyempatkan diri untuk bermain dengan si kecil agar dan tidak bosen memberikan edukasi pada anak saat bermain.
  1. Mainan berwarna dan kontras. Jenis mainan yang berwarna dan kontras terlihat menarik untuk si kecil. Selain itu mainan ini dapat memberikan edukasi pada anak karena dapat melatih indra penglihatan si kecil.

Selain tips dalam memilih mainan edukasi untuk si kecil, dalam artikel ini akan merangkum beberapa jenis mainan yang memberikan edukasi sesuai dengan usia si kecil, antara lain :

  1. Usia 0-2 tahun

Bayi dan balita yang berumur 0-2 tahun memerlukan peningkatan pengalaman sensorimotor seperti pendengaran, penglihatan dan pergerakan. Sehingga anda dapat memilih mainan balok-balokan atau boneka berbulu lembut.

  1. Usia 3-5 tahun

Pada tahap early childhood dimana anak berusia 3-5 tahun tentu anak akan semakin berkembang kemampuannya karena tidak hanya sistem penginderaan saja yang anak butuhkan. Akan tetapi anak juga belajar melalui gmbar, kata-kata dan simbol. Jadi anda dapat memberikan mainan yang berkaitan dengan hal tersebut.

  1. Usia 6-11 tahun

Pada usia 6-11 tahun anak sudah memahami mengenai hubungan sebab-akibat sesuai dengan logika akan tetapi memerlukan contoh yang konkrit. Sehingga anda dapat emilih mainan yang membantu kemampuan berfikir anak. (KMY)


Warning: A non-numeric value encountered in /home3/sehatfre/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here