Tips Memilih Nanas Matang dan Manis

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Nanas adalah salah satu buah yang tinggi vitamin C. Seperti kita tahu banyak sekali manfaat dari vitamin C, terutama manfaat antioksidannya yang baik untuk melawan radikal bebas dan mencegah penuaan dini. Hal lainnya yang membuat nanas menjadi buah tropis yang istimewa adalah sebagai sumber bromelain, yakni enzim yang membantu pencernaan serta bermanfaat pula sebagai antiradang untuk meredakan pembengkakan dan memar. Dikonsumsi secara moderat sebagai bagian dari diet seimbang, konsumsi nanas utuh maupun dalam bentuk jus dapat membantu menjaga kesehatan.

Sayangnya, beberapa orang kurang menyukai nanas karena rasanya yang masam. Padahal, tidak semua nanas rasanya masam. Anda bisa menikmati nanas yang rasanya manis dan segar asalkan teliti saat membelinya. Ya, bagi sebagian orang, memilih buah yang matang dengan baik merupakan hal yang terkadang menyulitkan. Pasalnya, kita terkadang tidak menyadari tanda-tanda buah yang akan kita beli sudah matang sempurna atau tidak.

Karena termasuk buah non-klimakteri, semakin lama disimpan nanas akan terasa makin masam. Jadi, saat membeli nanas, pilihlah nanas yang masih segar. Berikut adalah beberapa tips memilih nanas:

  • Batang dan daun. Batang adalah bagian dari buah nanas yang akan memengaruhi rasa manis nanas. Jika batangnya busuk, daging buah nanas akan berubah warna, rasa manisnya berkurang, dan nutrisi di dalamnya juga sudah rusak. Kesegaran buah nanas juga dapat dilihat dari daunnya. Jika mudah lepas, hal itu menandakan batangnya busuk.
  • Warna kuning keemasan. Nanas matang yang rasanya manis dan segar berwarna keemasan. Semakin terang warnanya, semakin manis rasanya. Nanas yang didominasi warna hijau berarti belum matang.
  • Aroma. Nanas yang matang dengan baik akan mengeluarkan aroma manis yang khas. Jika tidak ada aroma, nanas tersebut berarti belum matang. Atau jika beraroma fermentasi seperti cuka, berarti nanas tersebut terlalu matang.
  • Mata buah. Mata buah pada nanas adalah ciri unik yang membedakan nanas dengan buah tropis lainnya. Nanas yang berkualitas umumnya memiliki banyak mata yang tampak mengkilap dengan warna kecokelatan. Selain itu, nanas yang manis juga umumnya memiliki lebih sedikit keriput pada kulitnya.

Ternyata memilih nanas yang matang, manis, dan berkualitas baik tidak sulit ya! Intinya, jeli saat membeli. Dengan membeli nanas berkualitas baik, rasanya tentu akan lebih segar dan kandungan nutrisi di dalamnya juga akan lebih terjaga. (RFZ)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here