Tips Memompa ASI Perah dengan Baik dan Benar

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Kewajiban seorang ibu setelah melahirkan anaknya adalah merawat anak dengan baik agar anak tumbuh dengan tubuh yang sehat dan kuat. Salah satunya yaitu dengan memenuhi kebutuhan nutrisi bayi anda.

Karena bayi belum boleh mengonsumsi nutrisi dari makanan atau sumber nutrisinya hanya boleh dari ASI sampai usianya 6 bulan nanti, oleh karena itu ibu harus rajin memberkan ASInya kepada sang buah hati.

Mungkin bagi ibu yang hanya bekerja di rumah atau tidak memiliki kesibukan di luar rumah tidak akan memiliki masalah atau dapat mencukupi kebutuhan sang bayi terhadap ASI. Tetapi bagi ibu yang bekerja atau wanita karir akan mendapatkan masalah dalam pemenuhan ASI bagi sang buah hati.

Karena hal tersebut, maka banyak wanita atau ibu melakukan ASI perah sehingga ibu punya stok susu untuk bayinya ketika ibu tidak bisa memberikan ASI secara langsung.

Namun dengan cara memerah ASI, tak jarang ibu banyak yang mengeluh susah memerah karena terkadang air susu yang keluar hanya sedikit. Agar ASI perah keluar dengan lancar, berikut ada tips memompa ASI perah yang benar :

  1. Pilih metode yang tepat

Untuk mendapatkan ASI yang banyak sebaiknya tentukan metode yang ingin anda gunakan. Untuk memerah ASI anda bisa memilih untuk memerah secara manual dengan tangan atau melalui bantuan dengan alat pemerah ASI.

  1. Buat jadwal rutin

Setelah menentukan metode yang tepat, buatlah jadwal anda untuk memerah ASI agar waktu bekerja dan memerah ASI dapat dijalankan keduanya. Sebelum memerah ASI sebaiknya dimulai dengan minum air putih.

  1. Lakukan pemijatan sebelum memompa ASI

Cara terbaik yang dapat dilakukan agar ASI mudah dikeluarkan aat di perah adalah melakukan pijat pada payudara anda. Anda dapat meminta diajarkan cara pemijatan payudara yang benar sebelum memerah ASI pada petugas kesehatan. Karena dengan pemijatan ASI akan terkumpul dan mudah keluar saat dilakukan pemerahan.

  1. Berpikir positif

Selalu berpikir positif bahwa anda dapat memerah ASI untuk mendapatkan ASI yang banyak. Karena dengan berpikir positif akan mensugesti dan membuat Hormon pada payudara memproduksi banyak ASI.

  1. Rileks

Tetap rileks selama memeras ASI. Untuk merasa rileks anda dapat mendengarkan musik favorit selama melakukan proses memerah ASI.

  1. Gunakan pakaian yang nyaman

Agar memerah ASI lebih mudah, sebaiknya gunakan baju yang nyaman dan mendukung untuk mendapatkan ASI dengan baik. (DKA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here