Tips Mencegah Abses Gigi

SehatFresh.com – Kecantikan dan ketampanan seseorang bisa terlihat saat tersenyum dan memperlihatkan gigi putihnya. Gigi putih dan bersih menjadi dambaan semua orang, akan tetapi bukan berarti gigi lepas dari infeksi yang bisa mengebabkan kantung nanah pada bagian gigi yang disebut abses gigi. Abses gigi dalam dunia kesehatan dibagi menjadi dua yaitu Abses periapical dan abses periodontal. Abses periapical terjadi pada ujung akar, sedangkan abses periodontal terjadi di gusi sebelah akar gigi.

Abses gigi periapical terjadi ketika bakteri menyerang pulpa gigi, yaitu bagian terdalam dari gigi yang berisi pembuluh darah, saraf dan jaringan ikat. Bakteri masuk melalui lubang atau retakan gigi dan menyebar sampai ke akar. Infeksi bakteri dapat menyebabkan pembengkakan dan peradangan di ujung akar.

Abses gigi tidak akan hilang tanpa pengobatan. Jika abses pecah, rasa sakit mungkin menurun secara signifikan tapi Anda masih perlu melakukan pengobatan. Jika abses tidak mengering, infeksi dapat menyebar ke rahang dan ke area lain dari kepala dan leher. Anda bahkan mungkin beresiko terkena sepsis, yaitu infeksi mengancam jiwa yang menyebar ke seluruh tubuh Anda. Jika Anda memiliki sistem imun yang lemah dan abses gigi tidak diobati, resiko penyebaran infeksi menjadi lebih meningkat.

Menghindari kerusakan gigi sangat penting untuk mencegah abses gigi. Perawatan gigi yang dapat Anda lakukan adalah :

  • Menggunakan air minum fluoride.
  • Menyikat gigi setidaknya 2 kali sehari dengan pasta gigi fluoride.
  • Gunakan benang gigi atau pembersih interdental untuk membersihkan sela-sela gigi setiap hari.
  • Mengganti sikat gigi setidaknya setiap 3 atau 4 bulan.
  • Mengkonsumsi makanan sehat, membatasi gula dan makanan ringan.
  • Rutin memeriksa gigi ke dokter.
  • Menggunakan antiseptik atau obat kumur fluoride untuk menambahkan lapisan perlindungan terhadap lapisan gigi.

Sumber gambar : ceritapasienrio.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY