Tips Mencegah dan Mengatasi Nafas Bau saat Bangun Tidur

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Pada saat Anda bangun tidur dan keluar dari kamar memiliki niat baik untuk menyapa dan mengucapkan selamat pagi kepada seluruh anggota keluarga. Akan tetapi niat Anda diurungkan karena mengalami bau mulut. Bau mulut yang dialami pada saat bangun tidur disebabkan oleh berkurangnya produksi air liur. Selain itu penyebab lain dari bau mulut yaitu kesehatan gusi yang buruk, tidak menggosok gigi dimalam hari dan merokok. Bagaimana Cara Mengatasi Bau Mulut pada saat Bangun Tidur?

  1. Menggosok gigi dengan teratur dan menggunakan pasta gigi antimikroba
  2. Pada saat menggosok gigi jangan lupa untuk membersihkan lidah dan area mulut lainnya
  3. Selain menggosok gigi menggunakan sikat gigi dan pasta gigi. Cara mengatasi bau mulut dengan cara membersihkan gigi menggunakan benang gigi untuk membersihkan sisa makanan yang menyangkut pada gigi
  4. Berkumur menggunakan obat kumur agar nafas lebih segar

Bagaimana Cara Mencegahnya Bau Mulut Pada saat Bangun Tidur?

  1. Menggosok gigi sebelum tidur

Cara mencegah terjadinya bau mulut di pagi hari dilakukan dengan cara anda membiasakan diri menggosok gigi sebelum tidur.

  1. Jangan bernafas lewat mulut

Apabila pada saat kita tidur mengambil nafas melalu mulut hal ini akan memicu mulut menjadi kering karena berkurangnya saliva. Berkurangnya saliva akan mengakibatkan bau mulut di pagi hari.

  1. Kurangi asam

Apabila mulut kita dalam keadaan asam maka akan mengakibatkan bakteri senang didalam lingkungannya untuk makan dan berkembangbiak, sehingga mengakibatkan bau mulut. Cara untuk mengurangi keasaman mulut yaitu menggunakan perawat gigi yang memiliki kandungan baking soda.

  1. Mengkonsumsi buah-buahan yang mengandung vitamin C

Vitamin C berfungsi untuk mencegah radang gusi dan membersihkan sisa makanan penyebab bau mulut. Sehingga dianjurkan untuk pencegahan bau mulut dianjurkan mengkonsumsi buah-buahan yang mengandung vitamin C seperti melon, pir, apel, dan jeruk. Rajin mengkonsumsi buah yang mengandung vitamin C akan membuat aroma mulut menjadi segar.

  1. Mengkonsumsi seledri, wortel dan mentimun

Tiga jenis sayuran tersebut dapat mencegah terjadinya bau mulut karena ketiga jenis sayuran ini berfungsi untu memproduksi air liur untuk membersihkan bakteri.

  1. Yoghurt

Yoghurt bisa digunakan sebagai pencegahan terjadinya bau mulut. yoghurt memiliki kandungan probiotik yang berfungsi untuk memerangi bakteri penyebab bau mulut.

  1. Teh hijau

Teh hijau memiliki kandungan antioksidan yang sangat efektif untuk mebunuh bakteri yang dapat merugikan mulut. Sehingga mengkonsumsi teh hijau dapat mencegah terjadinya bau mulut.

Bagi anda yang memiliki masalah bau mulut pada saat bangun tidur, sekarang anda tidak perlu khawatir karena setelah anda membaca artikel ini anda dapat mencoba dan mempraktekan tips untuk pencegahan dan tips mengatasi bau mulut anda. Sehingga disaat anda bangun anda lebih merasa percaya diri saat menyapa dan mengucapkan selamat pagi kepada seluruh anggota keluarga. Selamat mencoba. (KMY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here