Tips Mencegah dan Mengobati Penyakit Hipertensi (Tekanan Darah Tinggi)

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Hipertensi merupakan nama lain dari tekanan darah tinggi. Tekanan darah tinggi adalah kondisi di mana tekanan darah lebih tinggi dari 140/90 milimeter merkuri (mmHG).

Pencegahan lebih baik daripada pengobatan, demikian juga terhadap hipertensi. Caranya sangat sederhana dan tidak memerlukan biaya yaitu dengan kedisiplinan dan ketekunan menjalankan aturan hidup sehat.

Upaya pencegahan juga bermanfaat bagi penderita hipertensi agar penyakitnya tidak bertambah parah, tentunya harus disertai pemakaian obat-obatan sesuai resep dokter. Dokter biasanya menyarankan perubahan pada gaya hidup yang termasuk dalam pengobatan untuk hipertensi sekaligus pencegahannya. Langkah tersebut dapat diterapkan melalui:

  1. Menghindari kegemukan

Mempunyai berat badan berlebih bukan hanya membuat orang yang memilikinya menjadi tidak percaya diri, kelebihan berat badan juga ternyata menjadi faktor atau resiko datangnya segala macam penyakit, salah satunya hipertensi atau darah tinggi, maka dari itu mulailah mengurangi berat badan anda ke ukuran berat badan yang normal.

  1. Mengurangi konsumsi garam

Pembatasan konsumsi garam sangat dianjurkan, maksimal 2g garam dapur untuk diet setiap harinya.

  1. Olahraga teratur

Lakukan olahraga rutin, selama tiga puluh menit setiap hari, misalnya bersepeda atau berenang. Jika Anda sangat jarang berolahraga sebelumnya, lakukan olahraga ringan seperti berjalan kaki atau yoga selama lima belas menit per hari.

  1. Membatasi konsumsi lemak

Konsumsi lemak berkaitan dengan kadar kolesterol dalam darah. Penderita hipertensi harus menjaga kadar kolesterol dalam darahnya. Kadar kolesterol yang tinggi dapat mengakibatkan penebalan pembuluh darah. Jika endapan itu semakin banyak, dinding pembuluh darah semakin kaku atau berkurang kelenturannya. Akibatnya akan memperparah jantung karena jantung bekerja semakin berat saat memompa darah sehingga memperparah penderita hipertensi.

  1. Makan banyak buah dan sayur yang segar

Buah memiliki banyak nutrisi, vitamin, mineral dan antioksidan penting. Satu porsi harian dari 4-5 buah yang berbeda direkomendasikan agar tetap sehat. Berikut buah dan sayur yang dianjurkan:

  • Alpukat. Alpukat memiliki sumber yang kaya kalium yang dapat membantu menjaga keseimbangan kalium-natrium dalam tubuh.
  • Melon. Melon memiliki sumber kaya kalium dan magnesium yang membantu dalam menurunkan tekanan darah.
  • Buah berry. Berry seperti blueberry, strawberry dan raspberry merupakan buah yang kaya akan vitamin C, kalium serat antioksidan. Blueberry mengandung senyawa pterostilbene, yang membantu dalam mencegah penumpukan plak di arteri.
  • Apel. Buah apel kaya kalium dan fosfor dan rendah kandungan natrium. Hal ini membantu menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh, yang mengurangi risiko penyakit jantung dan serangan jantung. Selain itu juga kaya akan antioksidan seperti vitamin C dan flavonoid yang mencegah kerusakan pembuluh darah.
  • Pir. Buah pir merupakan sumber yang kaya antioksidan seperti glutation bermanfaat untuk mencegah kerusakan pembuluh darah.
  • Pisang. Buah pisang kaya akan kalium dan rendah sodium, dapat mengontrol tekanan darah. Dua buah pisang sehari dapat membantu mengontrol tekanan darah tinggi. Pisang yang berukuran sedang biasanya memiliki 1 mg sodium dan 422 mg kalium, membuatnya menjadi salah satu buah yang paling ampuh melawan tekanan darah tinggi.
  • Sayuran berdaun hijau. Sayuran tersebut meliputi bayam, selada, kangkung, sawi, sawi putih, sayuran tersebut tinggi mineral, vitamin dan kandungan serat, dan rendah kalori. Selain itu juga mengandung berbagai fitokimia dan antioksidan, seperti beta-karoten dan lutein, yang dapat membantu melawan penumpukan plak di dalam pembuluh darah, sehingga membantu dalam menurunkan tekanan darah.
  1. Latihan relaksasi atau meditasi

Pencegahan tekanan darah tinggi dengan latihan pola nafas dan bermeditasi seperti yoga atau taichi dapat menurunkan hormone stress. Menarik nafas juga dapat menurunkan hormone stress. Lakukan latihan nafas minimal 5 menit pada pagi dan malam hari.

  1. Tidak merokok dan tidak minum alcohol

Berhenti merokok dan minum alcohol sangat berperan besar dalam mengurangi tekanan darah tinggi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here