Tips Mencegah Keguguran yang Terjadi Secara Berulang

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Apabila anda atau saudara anda sering mengalami keguguran yang berulang sebaiknya untuk memeriksakan kondisi tersebut kepada dokter spesialis kandungan. Apabila keguguran terjadi hanya sekali merupakan hal yang wajar, akan tetapi apabila hal tersebut terjadi berulang kali maka dapat mengakibatkan tekanan mental pada pasangan suami-istri yang sedang mendambakan kehadiran anak.

Selain itu salah satu dokter di RSCM Jakarta mengatakan bahwa terjadinya keguguran yang berulang dapat memicu timbulnya perasaan bersalah pada seorang wanita yang mengalaminya karena dirinya merasa tidak mampu untuk mempertahankan kehamilannya. Kanadi manyatakan bahwa angka keguguran spontan yang terjadi sekitar 15-20% kasus untuk seluruh kehamilan. Hal tersebut tentunya bukanlah suatu hal yang baik. Bagi anda yang mengalami hal tersebut berikut ini tips mencegah terjadinya keguguran secara berulang yaitu:

  1. Konsumsi nutrisi yang bergizi

Sebaiknya untuk memperoleh kehamilan yang sehat ibu harus mendapatkan nutrisi yang sehat sekitar 90 hari sebelum ibu tersebut berusaha untuk hamil. Upaya ini akan mempengaruhi keseimbangan hormon, kesehatan sel telur, menjaga kesehatan reproduksi, membantu menyimpan nutrisi untuk janin dan plasenta yang sehat dan menurunkan kemungkinan terjadinya keguguran. Bila perlu anda mengkonsumsi multivitamin untuk kesuburan dan kehamilan. Konsumsi makanan yang bergizi sangatlah berpengaruh kepada kondisi ini dan dapat meminimalisir terjadinya keguguran berulang. Hindari jenis makanan yang mengandung gas contohnya durian, nanas dan nangka.

  1. Menghindari aktivitas yang berlebih

Kandungan yang lemah dapat diatasi dengan cara beristirahat secara total dan menghindari aktivitas yang secara berlebihan. Jangan paksakan apabila kondisi badanmu sudah terasa cape dan lelah untuk melakukan aktivitas fisik secara berlebih hal ini tentunya dapat meningkatkan resiko terjadinya keguguran berulang.

  1. Kontrol ke dokter kandungan

Apabila anda memiliki riwayat kehamilan yang buruk contohnya sering mengalami keguguran yang berulang maka anda disarankan untuk rajin kontrol ke dokter kandungan untuk memeriksakan kondisi kesehatan ibu dan janin. Hal ini dilakukan minimal 1 bulan sekali pada trimeter pertama dan kedua dan ½-1 minggu di trimester ketiga.

  1. Managemen stres

Terjadinya keguguran secara berulang dapat disebabkan oleh faktor managemen stres yang buruk. Hal ini tentunya dapat meningkatkan terjadinya keguguran secara berulang. Pada saat stres tubuh akan memproduksi kadar epinephrine dan norepinephrine yang dapat mengencangkan pembuluh darah dan kekentalan darah, hal ini dapat meningkatkan resiko terjadinya keguguran berulang.

  1. Terapu Heparin

Hasil penelitian menunjukan bahwa 7%-25% seorang wanita yang mengalami keguguran berulang disebabkan oleh sindrom antifosfolipid dan trombofilia yang mengakibatkan pembekuan darah. Hal ini yang dapat mengakibatkan terjadinya keguguran berulang. Menurut salah satu dokter di Inggris menyatakan bahwa pembekuan darah dapat dicegah dengan memberikan heparin. (KMY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here