Tips Mencegah Kulit Kering Saat Berpuasa

SehatFresh.c0m – Saat berpuasa, kondisi tubuh menjadi kekurangan cairan karena tidak menerima cairan di siang hariya. Hal tersebut bisa menyebabkan kulit menjadi kering dan mengelupas. Kulit kering biasanya ditandai dengan munculnya garis halus yang membentuk kerutan di area wajah. Awalnya, kulit mungkin akan terasa gatal, kaku dan kemerahan pada kulit. Jika dibiarkan, hal tersebut dapat mematikan sel kulit sehingga membuatnya terkelupas dan terlihat kusam. Namun, Anda tidak perlu khawatir, kulit kering saat berpuasa dapat dicegah dengan beberapa cara berikut:

Mencukupi kebutuhan cairan
Cairan yang masuk ke dalam tubuh bermanfaat untuk menjaga kelembaban kulit wajah. Kulit kering saat puasa menandakan bahwa Anda kurang mengonsumsi air putih. Meski puasa, kebutuhan cairan tubuh harus tetap terpenuhi setiap harinya. Pola minum saat puasa bisa disiasati dengan pola 2-4-2, yaitu 2 gelas saat buka, 4 gelas secara bertahap di waktu malam dan 2 gelas di waktu sahur.

Menggunakan produk yang tepat
Jika kulit wajah sudah terlanjur mengelupas, maka gunakan pembersih wajah yang tidak banyak mengandung deterjen. Pilih produk pencuci muka yang diformulasikan dengan pH seimbang agar kulit tetap segar dan lembab. Anda juga perlu rajin menggunakan pelembab wajah. Ketika wajah Anda sudah terasa kencang, itu artinya kulit sudah kehilangan kelembabannya. Pastikan produk pilihan Anda aman dan sesuai dengan jenis kulit Anda.

Berolahraga
Banyak orang malas melakukan kegiatan fisik selama Ramadhan, seperti halnya melakukan olahraga. Meski puasa, tetap jangan lupakan olahraga namun perhatikan jenis dan durasinya. Dengan mengeluarkan keringat maka kulit akan terjaga kelembabannya secara alami. Saat puasa, Anda bisa melakukan olahraga ringan seperti jalan santai setelah subuh atau menjelang waktu berbuka puasa.

Konsumsi buah dan sayur
Buah dan sayur banyak mengandung vitamin, mineral dan antioksidan yang baik untuk menutrisi kulit. Pastikan Anda mengonsumsi keduanya saat sahur dan berbuka untuk menjaga kulit tetap lembab. Anda bisa mengonsumsi buah-buahan yang mengandung vitamin C seperti jeruk, mangga atau kiwi. Asupan vitamin E juga tidak kalah pentingnya. Tidak hanya untuk melembabkan, vitamin E juga dapat menyegarkan dan mengencangkan kulit. Sumber dari vitamin E bisa Anda peroleh dari jenis biji-bijian dan kacang-kacangan.

Hindari minuman dingin
Minuman dingin sepertinya sudah menjadi makanan wajib bagi kebanyakan orang sebagai sajian pembuka puasa. Namun, ternyata mengonsumsi es dapat mengurangi kelembaban kulit. Maka dari itu, konsumsi minuman dingin saat berbuka sebaiknya dihindari.

Sumber gambar : www.airasohi.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY