Tips Mendidik Agar Anak Mempunyai Empati

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Sahabat Pembaca, banyak orang tua yang bingung mengapa zaman sekarang banyak anak yang kurang memiliki empati kepada orang lain. Lalu bagaimana tipsnya?

Bagaimana Menumbuhkan Empati Pada Anak?

Orangtua selalu mengharapkan anaknya memiliki prestasi yang baik, sehingga terkadang orangtua lupa bagaimana pentingnya rasa empati kepada orang lain. Alhasil banyak anak yang bertumbuh untuk mementingkan prestasinya sendiri tanpa memikirkan orang lain. Saat anak tumbuh menjadi pribadi yang cuek dan kurang memiliki empati, orangtua dengan sepihak akan menyalahkan anaknya. Padahal rasa empati itu dapat terbentuk dengan suatu proses bukan suatu yang instan. Sikap atau contoh orangtua ke anak juga menjadi dasar yang penting bagi anak tumbuh menjadi pribadi yang memiliki sikap empati yang baik.

Ada beberapa tips mendidik anak agar mempunyai empati yang baik ialah sebagai berikut:

  • Memberikan Contoh

Empati merupakan salah satu sikap yang timbul dari seseorang karena proses yang cukup lama. Bahkan para psikolog pun sepakat bahwa menumbuhkan empati harus sudah dimulai sejak bayi bahkan sejak di dalam kandungan. Orangtua sudah mengajarkan anak bagaimana memahami kondisi ibunya selagi di dalam kandungan dengan mengajaknya bicara. Saat anak masih bayi atau mulai mengenal orang lain, sudah bisa diajarkan untuk menyayangi orangtua dan saudar dengan memeluk atau mencium. Nanti kalau sudah mulai sekolah bisa dilatih untuk saling meminjami peralatan kepada teman-temannya.

  • Mengajarkan Anak Mengenal Perasaan Pribadi

Banyak orangtua yang justru menekan anaknya untuk selalu dalam kondisi bahagia. Padahal seringkali anak bersedih oleh suatu hal. Ketika anak sedang bersedih ada baiknya diajak bicara tentang apa penyebab yang membuatnya bersedih sehingga bisa muncul perasaan untuk mengekspresikan perasaannya. Perasaan buruk yang dipendam akan berdampak pada sikap kepada orang lain yang kurang peduli. Jika anak sudah bisa mengenali perasaan sendiri, tentu dapat mengelola emosi, dan membantu orang lain yang sedang mengalami hal yang sama.

  • Ajak Anak Datang Ke Acara Sosial

Ajak anak untuk menghadiri acara sosial yang bertemu dengan banyak orang. Ajarkan anak bagaimana cara berbagi dan memberi sedari kecil dengan mengikuti kegiatan sosial, misalnya membagikan makanan ke panti sosial. Sesekali ajak anak juga untuk ikut kegiatan sosial misalnya ketika ada kerja bakti agar anak memiliki kepedulian dengan orang lain dan lingkungan.

  • Ajarkan Anak Menyayangi Hewan Peliharaan

Seorang anak yang sejak kecil diajarkan untuk menyayangi hewan peliharaan tentu akan memiliki sikap yang baik untuk menjaga dan bermain dengan hewan peliharaannya. Jika anak bisa melindungi hewan tentu dia juga akan lebih peka pada kesulitan orang lain.

Demikian informasi mengenai tips mendidik anak agar mempunyai empati yang baik. semoga bermanfaat bagi Pembaca. (MLS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here