Tips Mendidik Anak Agar Tidak Manja

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Setiap orangtua tentunnya ingin memiliki anak yang cerdas, mandiri, membanggakan dan berguna bagi semua orang. Tidak ada satu orangtua yang bermimpi dan menginginkan memiliki seorang anak yang bodoh, keras kepala, egois dan manja. Tetapi semua pribadi pada anak bisa ditentukan melalui pola asuh yang diberikan orangtuanya.

Beberapa tips untuk mendidik anak agar anak tidak menjadi pribadi yang manja, diantaranya sebagai berikut :

  1. Jangan menuruti semua keinginan anak

Apabila anda menuruti segala seseuatu yang anak anda inginkan bukahlah sebuah cara mendidik anak dengan benar, hal tersebut akan membuat anak menjadi manja dan tidak bisa mandiri karena semasa kecilnya anak hanya mengandalkan orangtua.sebagai contoh pada saat anak memiliki PR biarkan anak mengerjakannya sendiri, anda sebagai orangtua hanya membimbing dan membantu anak pada saat anak bener-bener tidak bisa melakukannya sendiri.

  1. Berkomitmen untuk tidak memanjakan anak

Anda dan pasangan anda harus berkomitmen dan bekerjasama untuk tidak memanjakan anak. Karena pada dasarnya tidak semestinya orangtua hanya menuruti keinginan anak, akan tetapi anak juga harus bisa mengikuti pada yang orangtuanya inginkan.

  1. Jangan sesekali menghukum anak dengan kekerasan

Apabila anda memiliki anak dan kemudian dia melakukan sebuah kesalahan, anda sebagi orangtua harus memberikan arahan yang bener atas apa kesalahannya. Jangan pernah berani anda menghukum anak dengan kekerasan, karena hukuman akan membuat anak menjadi jera dan merasa takut. Hal tersebut tentunya bukanlah suatu hal yang baik jika dilakukan. Pada dasarnya anak kecil belum sepenuhnya mengetahui apa yang benar dan salah. Sebaliknya anda sebagai orangtua harus bisa mengarahkan dan mendidik anak kepada sesuatu hal yang baik.

  1. Ajar anak untuk tidak berbohong

Orang bijak mengatakan kunci dari keberhasilan ialah kejujuran. Sebagai orangtua kita harus bisa mengajari anak untuk selalu berkata jujur. Semua itu bisa diawali oleh diri anda dan pasangan anda sebagai orangtua

  1. Jadilah bos

Anda dan pasangan anda harus bisa menjadi bos untuk anak anda. Menjadi bos bukan berarti anda menjadi orangtua yang kejam. Akan tetapi, yang dimaksud bos dalam artikel ini yaitu anda menjadi orangtua yang menyenangkan, memahami, memimpin dan berwibawa. Selain itu anda harus menjadi orangtua yang jelas dan tegas agar anak bisa menjadi nurut dan mandiri. Perlu anda ketahui sikap jelas dan tegas anda bukan berarti anda harus memaksakan anak, tetapi secara perlahan anda dalam mendidiknya.

  1. Jangan selalu membantu

Sebagai orangtua anda harus bisa membuat anak anda menjadi pribadi yang mandiri. Sebagai contoh apabila anak merasa lapar anda hanya perlu memasak makannyan akan tetapi biarkan anak anda makan sendiri tanpa harus anda suapi.

  1. Tegakkan peraturan

Sejak kecil anak harus belajar mengenai peraturan dan anak harus mematuhi peraturan tersebut. Apabila anda membuat peraturan tentunya anak akan menjadi pribadi yang bisa mengikuti peraturan dan lebih disiplin. Akan tetapi pada poin ini anda juga harus memberikan kepercayaan kepada anak. Agar hubungan kalian berdua tidak saling egois hanya mengikuti kehendak dan peraturan sendiri.

  1. Berikan uang secara reguler

Berdasarkan nasehat yang dinyatakan oleh Ron Lieber seorang penulis kolom keuangan pribadi New York Times bahwa setiap orangtua yang ingin memiliki anak pinter dan cerdas dalam keuangan salah satu upaya yang harus dilakukan adalah memberikan uang jajan kepada anak secara teratur. (KMY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here