Tips Menentukan Posisi Menyusui

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com –  Bagi ibu muda yang baru pertama kali dikaruniai bayi, aktivitas menyusui mungkin gampang-gampang susah untuk dilakukan. Hal yang bisa menyulitkan biasanya mencari posisi yang nyaman untuk menyusui si buah hati. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini akan dipaparkan beberapa tips menentukan posisi menyusui.

  • Posisi bayi berada disisi ibu, tepatnya di antara tubuh dan lengan

Menempatkan bayi pada posisi tersebut ketika menyusui dapat membantu bayi untuk menemukan puting susu. Posisi ini juga cocok untuk bayi yang terlalu aktif. Khusus bagi bayi yang terlalu aktif, maka bisa dikombinasikan dengan menempelkan bayi lebih dekat pada payudara. Kemudian tangan ibu yang tertekuk bisa mengontrol kepala bayi agar tetap terjaga kenyamannya.

  • Ibu bisa mencoba dengan posisi duduk

Ibu bisa duduk di sofa atau tempat yang empuk, kemudian letakkan bantal-bantal kursi di punggung. Tujuan diletakan bantalan kursi di punggung adalah untuk menjadi alas sandaran, sehingga mengurasi rasa pegal atau sakit.

Agar lebih nyaman bisa juga meletakkan kaki di atas kursi, sehingga pangkuan lebih rata. Apabila tangan bayi banyak bergerak, ibu bisa melingkarkan tangan bayi ke badan. Kemudian arahkan bayi ke payudara, tujuannya agar ibu berada pada posisi nyaman sehingga ASI keluar maksimal.

  • Ibu bisa mencoba dengan posisi berbaring

Ibu apabila merasa tidak nyaman dengan posisi duduk, maka dapat mencoba menyusui dengan posisi berbaring di kasur atau tempat tidur. Susuilah bayi secara bergantian menggunakan payudara kiri dan kanan dengan posisi agak miring sedikit. Apabila diperlukan, ibu bisa memanfaatkan lengan atau bantal empuk untuk menjadi penyangga kepala bayi.

  • Posisi the cradle

Posisi tersebut dianggap cocok digunakan kepada bayi yang baru lahir. Namun sebelum memakai posisi ini, pastikan bahwa punggung mampu menopang dengan maksimal. Ibu bisa menempatkan posisi bayi langsung bersentuhan, kemudian letakkan kepala bayi pada siku.

  • Posisi the cross cradle hold

Posisi ini dengan mendekap silang, sekaligus sangan dianjurkan untuk bayi prematur atau ibu yang memiliki puting payudara kecil. Dengan posisi ini menyusui menjadi lebih aman dan nyaman.

  • Posisi the football hold

Langkah ini dengan memposisikan bayi dipegang di samping, kemudian diselipkan di bagian bawah lengan Ibu. Posisi ini seakan–akan ibu sedang memegang bola. Posisi the football hold sangat dianjurkan bagi ibu yang kebetulan melahirkan dengan cara operasi Caesar.

  • Posisi saddle hold

Posisi tersebut sangat nyaman dilakukan bagi ibu karena dapat membuat duduk dengan aman. Ibu dapat mempraktekan langkah ini dengan duduk tegak, kemudian kaki mengangangkang sedikit.

  • Posisi the lying position

The lying position merupakan kombinasi dari posisi berbaring yang dapat memberikan ibu banyak kesempatan untuk lebih santai. Posisi tersebut membutuhkan bantal yang diselipkan di bagian punggung, dengan tujuan sebagai penopang. (APY)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY