Tips Mengalihkan Anak dari Rasa Lapar dan Haus

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Pada saat menjalankan ibadah puasa, mengalami rasa lapar dan dahaga merupakan hal yang wajar. Hal ini disebabkan karena kurangnya asupan nutrisi dan air yang biasanya di dapatkan oleh tubuh setiap harinya pada saat sarapan. Sedangkan ketika berpuasa, asupan makanan hanya didapatkan cukup awal pada saat sahur.

Langkah awal untuk mengalihkan rasa lapar dan haus pada anak saat berpuasa adalah dengan melakukan kegiatan positif. Rata-rata, anak-anak amat senang bila dibiarkan melakukan berbagai aktivitas. Jangan yang berat, cukup yang ringan. Bermain menjadi salah satu cara terbaik untuk membantu mengalihkan perhatian anak dari rasa lapar dan haus yang dialaminya.

Ajaklah anak melakukan permainan yang mereka sukai atau kenalkan permainan jenis baru yang menantang rasa ingin tahu dan perhatiannya, misalnya menyusun balok, menggambar, mengingat suara binatang, membereskan boks mainannya, mendekorasi meja belajar atau segala permainan mendidik di gadget.

Jangan lupa pula mendampingi ia ketika bermain agar anak merasa nyaman serta aman. Harapannya, bila si anak sudah kelelahan secara pikiran, ia akan tertidur pulas. Ada beberapa tips juga untuk mengalihkan anak dari rasa lapar dan haus saat menjalankan puasa yaitu :

  1. Melakukan kegiatan yang bermanfaat

Bulan puasa bukan berarti menjadi halangan dalam melakukan aktivitas harian. Sebaiknya lakukan kegiatan seperti biasanya dan bermanfaat untuk mengatasi rasa haus dan lapar saat puasa, seperti mengajari anak membuat kartu lebaran adalah pelajaran yang bisa memadukan semua mata pelajaran termasuk bahasa Indonesia, kerajinan tangan, dan pendidikan moral.

  1. Menonton film favorit

Salah satu tips ampuh dan mudah mengatasi rasa haus dan lapar saat puasa adalah dengan menonton film favorit anak. Menghabiskan waktu sekiranya 2–3 jam per film untuk menunggu waktu berbuka sehari bisa mengalihkan rasa lapar anak..

  1. Ajak Bermain

Siapkan mainan yang tak menguras energi/tenaga seperti : ular tangga, lego, puzzle agar anak fokus dengan permainnaya.

  1. Bacakan Dongeng atau Cerita

Bacakan dongeng atau buku-buku cerita yang disukai anak sambil bersantai bisa mengalihkan anak dari rasa lapar dan haus.

  1. Berbaring atau Tiduran

Mengajak anak berbaring atau tidur-tiduran di ruang keluarga bisa membuat anak lebih santai dan tenang sehingga mengalihkan anak dari rasa lapar dan haus.

  1. Peluk dan Gendong

Memeluk serta menggendong anak akan menenangkan rasa gelisah yang timbul pada anak.

  1. Mandi

Menawarkan mandi pada anak bisa mengurangi rasa panas dan haus yang dialaminya.


Warning: A non-numeric value encountered in /home3/sehatfre/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here