Tips Mengalihkan Rasa Haus dan Lapar saat Anak Berpuasa

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Ramadhan merupakan momen yang istimewa karena umat Islam akan menjalani ibadah puasa satu bulan penuh. Ibadah puasa meski hanya diwajibkan bagi umat Islam yang sudah dewasa, namun anak-anak juga boleh melakukannya. Lantas bagaimana tips mengalihkan rasa haus dan lapar pada anak saat menjalankan ibadah puasa?

  1. Kuatkan niat anak

Niat merupakan modal pertama anak dalam menjalankan ibadah puasa. Luruskan niat anak untuk berpuasa karena Allah SWT. Beri pemahaman bahwa puasa merupakan ibadah yang sangat istimewa, sehingga bisa membawa manusia masuk ke dalam surga. Ketika anak mulai tergoda untuk makan atau minum, maka kuatkan kembali niat untuk berpuasa. Anak baru diizinkan membatalkan puasanya, apabila benar-benar tidak kuat sehingga dikuatirkan dapat mengganggu kesehatannya.

  1. Anak diberikan aktivitas untuk menyibukkan diri

Ketika anak merasa haus dan lapar, maka berilah kesibukkan. Orangtua bisa mengajak anak untuk melakukan berbagai aktivitas dengan tujuan mengalihkan rasa haus dan lapar selama menjalani puasa. Berbagai aktivitas bisa dilakukan orangtua bersama anak selama berpuasa, diantaranya.

  1. Anak diajak membaca buku cerita.
  2. Anak diajak membuat lukisan.
  3. Anak diajak mewarnai gambar.
  4. Anak diajak membuat kue untuk persiapan di Hari Lebaran.
  5. Anak diajak mempersiapkan menu untuk buka puasa.
  6. Anak diajak menonton film yang memiliki manfaat.
  7. Anak diajak bersilaturahmi mengunjungi saudara terdekat.
  8. Anak diajak bermain berburu harta karun di sekitar rumah.
  9. Anak diajak membuat kerajinan tangan.
  10. Anak diajak membuat tulisan kaligrafi.
  11. Anak diajak membaca buku, khususnya kisah rasul dan nabi.
  12. Anak diajak membersihkan kamar tidur.
  13. Anak diajak membuat poster atau hiasan bertema Ramadan.
  14. Anak diajak bersepeda santai.
  15. Anak diajak berkebun.
  16. Anak diajak belajar mengaji.
  17. Anak diajak membuat menu takjil.
  18. Dan masih banyak lagi aktivitas yang bisa dilakukan orangtua guna mengalihkan rasa haus dan lapar anak ketika berpuasa.
  1. Anak diminta tidur dan istirahat yang cukup ketika berpuasa

Ketika berpuasa di bulan Ramadan, otomatis jam tidur juga harus dimodifikasi. Orangtua perlu memperhatikan jam tidur anak, sehingga tidak mengalami kekurangan waktu beristirahat. Khususnya di siang hari, ajaklah anak untuk tidur. Selain dapat mengalihkan rasa haus dan lapar, tidur di siang hari juga dapat membuat stamina tubuh terjaga hingga waktu berbuka tiba.

  1. Jalan-jalan di sore hari untuk menunggu waktu berbuka

Ketika seseorang memberikan batas pada asupan makanan, maka kadar hormon ghrelin yang terkait nafsu makan akan semakin meningkat. Hal tersebut tentu saja membuat rasa haus dan lapar anak di sore hari semakin besar. Orangtua bisa mensiasatinya dengan mengajak anak berjalan-jalan santai di sore hari. Tujuannya selain mengalihkan rasa haus dan lapar, juga dapat memberikan semangat anak untuk kuat berpuasa hingga Maghrib tiba. (APY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here