Tips Mengatasi Anak Pilih-Pilih Makanan

SehatFresh.com – Salah satu masalah yang sering dihadapi Bunda yang memiliki balita adalah balita yang susah makan. Si kecil memang belum bisa mengontrol banyak hal dalam hidupnya, tapi ia bisa mengontrol apa yang masuk ke dalam mulutnya. Jadi, jangan kaget jika buah hati Anda sangat memilih makanan yang mau dan tidak mau ia makan.

Selama berat badan dan tubuhnya sehat, Bunda tidak perlu mencemaskan si kecil. Bunda hanya perlu membantu mengingatkan si kecil agar mau mencoba berbagai jenis makanan. Seperti yang dilangsir dari situs babycenter.com, berikut ini adalah beberapa tips mengatasi balita yang suka pilih-pilih makanan.

  1. Hindari mengancam atau memberikan penawaran pada anak. Misalnya setelah ia makan ia bisa mendapatkan permen favoritnya atau jika tidak makan sayur, maka ia tidak boleh bermain. Jika Bunda ingin mendidik si kecil untuk makan makanan sehat, maka Anda harus memastikan waktu makan menjadi positif. Jadi, jangan biarkan si kecil makan makanan sehat hanya karena diancam.
  2. Berikan berbagai macam pilihan makanan yang sehat dan biarkan balita Anda untuk memilih sendiri makanan yang disukainya dan makan sendiri tanpa disuapi. Dengan demikian, si kecil akan merasakan kebebasan dalam memilih makanan tanpa harus dipilihkan dan disuapi oleh Bunda. Ia pun akan mau mengenal berbagai jenis makanan yang sehat.
  3. Selanjutnya, usahakan agar waktu makan bisa diikuti oleh seluruh anggota keluarga. Saat si kecil melihat kakak yang makan makanan yang sehat, ia pun pasti akan tertarik untuk ikut mencoba makanan tersebut.
  4. Perhatikan perbandingan berapa banyak minuman dan makanan yang dikonsumsi si kecil. Terlalu banyak minum susu atau jus buah bisa mengurangi nafsu makan pada anak. Maka dari itu, Bunda perlu memberikan susu di antara waktu makan dan membatasi konsumsi jus buah tidak lebih dari ½ atau ¾ cangkir per hari.
  5. Hal terakhir yang penting untuk Bunda lakukan adalah hindari memberikan junk food dan makanan manis pada buah hati Anda. Kedua jenis makanan tersebut tinggi akan kalori, gula, dan garam yang tidak baik untuk kesehatan buah hati Anda. Sebaliknya, kenalkan si kecil pada makanan yang lebih sehat seperti sayur, buah, atau makanan laut.
  6. Jangan langsung mencoret sebuah makanan hanya karena si kecil tidak menyukainya saat pertama kali mencoba. Anak-anak masih lambat dalam menerima tekstur dan rasa yang baru sehingga jika sekarang ia tidak suka buncis, coba berikan lagi padanya minggu depan. Bunda akan kaget saat melihat tiba-tiba si kecil suka dengan buncis.

Sumber gambar : www.eunikefamily.org

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY