Tips Mengatasi Flu pada Anak Tanpa Obat

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Orangtua seringkali ngeri dengan penyebab pilek yang jumlahnya sekitar 200 jenis virus. Pilek tentunya membuat anak rewel dan selalu menangis. Anak kecil juga tentunya sangat sulit minum obat yang rasanya pahit. Tentu hal ini membuat orangtua harus segera memutar otak memberikan obat yang mujarab bagi anaknya tanpa rasa pahit.

Tips yang Harus Dilakukan Ibu Saat Anak Pilek

Anda bisa melakukan beberapa hal untuk menyembuhkan anak dari sakit pilek. Tentunya ibu harus merawat anak dengan penuh kasih sayang dan sabar agar anak bisa tetap sehat dan lincah. Beberapa tips yang perlu dilakukan ialah sebagai berikut:

  1. Orangtua perlu selalu memperhatikan kesehatan anak dengan gunakan masker apabila sedang terserang flu sehingga tidak  menularkannya pada anak.
  2. Orangtua harus membersihkan lingkungan yang bisa membuat kontaminasi flu anak, baik itu boneka atau pun mainan yang ada.
  3. Jangan biarkan anak berada di ruangan yang ber-AC sehingga hidung yang tersumbat karena dingin bisa semakin plong. Apabila anak lebih nyaman dengan ruang AC, pastikan ada mesin pelembap udara sehingga bisa membuat anak tetap sehat.
  4. Pastikan anak selalu istirahat dengan cukup sehingga daya tahan tubuh bisa lebih baik sehingga berbagai penyakit bisa terusir dengan sendirinya.
  5. Sebaiknya kepala anak dengan kondisi miring ketika tidur sehingga anak menjadi lebih leluasa bernafas jadi lendir di dalam hidung bisa plong dan tidak mengganggu pernafasan.
  6. Sebaiknya encerkan lendir pilek menggunakan air garam dengan meneteskannya pada ujung hidung bayi kita, sebaiknya Anda menggunakan alat penyedot ingus sehingga hidung juga bisa lebih bersih.
  7. Berikan saja petroleum jelly pada luar hidung sehingga tidak terjadi iritasi. Bersihkan hidung anak dari lendir mengeras dengan kapas basah.
  8. Berikan anak minuman teh hangat untuk anak sehingga hidung yang tersumbat bisa mengencerkan dahak. Pilek akan berkurang dengan sendirinya apabila daya tahan tubuh membaik pada waktu 3-5 hari.
  9. Jeruk nipis dan Madu bisa menjadi obat pilek sehingga baik diberikan kepada anak anda. Cara membuatnya sangat mudah yaitu melarutkan madu dan jeruk nipis ke air hangat.
  10. Bawang merah serta minyak telon bayi baik dioleskan di tubuh anak sehingga ada rasa hangat.
  11. Sup ayam juga baik diberikan kepada anak di saat hidung tersumbat sehingga tenggrokan bisa lebih plong. Bawang putih juga di dalamnya mengandung zat allicin yang gunanya sebagai anti-bakteri alami.

Demikian informasi mengenai tips untuk mengatasi flu pada anak tanpa menggunakan obat sehingga anak tetap sehat dan lincah setiap saat. Anak bisa lebih bahagia dengan kondisi tubuhnya yang sehat dan fit. (MLS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here