Tips Mengatasi Galau dan Menenangkan Pikiran pada Remaja

0
6
www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Penyakit paling sering menghinggap remaja adalah kurangnya kepercayaan diri. Dalam berbagai aktivitas di sekolah atau di masyarakat, remaja selalu dihadapkan pada ketidakpercayaan terdapat diri sendiri. Hal tersebutlah yang akhirnya membuat remaja sering merasa galau, sehingga butuh waktu untuk menenangkan pikiran.

Mitos seputar remaja

Masa remaja seringkali dikaitkan dengan berbagai mitos dan sudut pandang mengenai penyimpangan. Hal itu bisa dilihat dari berbagai asumsi yang berkembang di masyarakat. Diantaranya membahas tentang gangguan emosi, ketidakselarasan, kecemasan, termasuk perubahan yang terjadi pada dirinya akibat pengaruh lingkungan.

Tidak berlebihan jika banyak pihak beranggapan bahwa masa remaja merupakan masa yang paling rawan dalam perjalanan hidup manusia. Pada masa ini berbagai masalah yang tidak pernah dialami ketika masih anak-anak, memaksa remaja harus menghadapinya. Akhirnya keberhasilan seseorang melewati masa remaja, akan berpengaruh pada kualitas dirinya.

Arti kata galau

Saat ini di kalangan remaja terdapat satu istilah yang sedang tren, yakni galau. Kata itu menggambarkan suasana hati yang sedang tidak menentu. Menurut KKBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), galau memiliki arti: “pikiran yang kacau, bimbang, bingung, cemas dan gelisah”.

Secara sederhana, galau merupakan suatu bentuk kecemasan yang muncul pada diri seseorang. Cara mengatasi rasa galau tidak hanya terkait dengan usaha memperbaiki diri, tapi juga mengatasi masalah yang sedang terjadi. Semakin berkurang permasalahan yang muncul, maka semakin berkurang pula rasa galau dalam diri remaja.

Remaja memerlukan bantuan dalam mengatasi galau

Remaja sangat membutuhkan bantuan dari berbagai pihak untuk mengatasi rasa galau dalam pikiran. Selain itu remaja juga membutuhkan figur yang bisa dijadikan teladan dan panutan. Orang tua yang mempunyai anak remaja, harus peka terhadap permasalahan yang muncul pada diri anak.

Setiap remaja memiliki pribadi yang berbeda-beda. Berdasarkan hal tersebut, cara mengatasi problem psikologis pada remaja juga tidak sama. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini beberapa cara mengatasi rasa galau sehingga pikiran bisa kembali tenang.

  1. Remaja harus mengubah perasaan galau dengan aktivitas-aktivitas yang menghibur, seperti piknik atau bernyanyi.
  2. Remaja harus mencari suatu bidang untuk digeluti dalam jangka panjang, tujuannya untuk mengisi waktu luang.
  3. Remaja harus menekan perasaan galau dengan alasan yang lebih rasional, sehingga bisa diterima diri sendiri.
  4. Remaja harus berusaha untuk menceritakan masalah yang dihadapi kepada orang lain, sehingga beban pikiran bisa lebih ringan.
  5. Remaja harus mengenali potensi atau keahlian yang dimilikinya, kemudian kembangkan bakat tersebut untuk mengisi waktu luang
  6. Remaja harus mendekatkan diri kepada Tuhan.

Galau jangan dijadikan alasan untuk berbuat negatif

Menjatuhkan diri ke dalam hal-hal negatif untuk pelarian, bukan cara yang baik dalam mengatasi masalah. Hadapi masalah yang membuat munculnya rasa galau dengan keberanian. Remaja harus yakin bahwa segala masalah yang datang pasti bisa dihadapi. (APY)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY