Tips Mengatasi Kulit Terbakar Karena Paparan Sinar Matahari

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Kulit merupakan organ tubuh wanita yang cukup penting karena mencerminkan keindahan dan kebersihan dari tubuh wanita. Banyak wanita yang berlomba-lomba untuk memiliki kulit yang putih dengan menggunakan bahan kimia berbahaya. Padahal ada banyak cara alami yang bisa ditempuh wanita untuk mengatasi kulit yang terbakar karena paparan sinar matahari.

Bagaimana Mengatasi Kulit Terbakar Matahari?

Ada beberapa cara alami yang bisa mengatasi kulit yang terbakar karena paparan sinar matahari, ialah sebagai berikut:

  • Minyak Kayu Putih

Gunakan beberapa tetes minyak kayu putih dan satu butir putih telur. Kemudian tambahkan air dan kocok hingga berbusa. Putih telur akan membuat minyak bisa tercampur air. Lalu semprotkan hingga merata ke seluruh tubuh yang meradang kepanasan karena matahari. Minyak akan membuat rasa nyaman, mendinginkan dan menghilangkan rasa sakit.

  • Kantong Teh

Kantong teh dapat mengurangi rasa sakit di  wajah yang terbakar karena paparan sinar matahari. Teh hijau tawar atau pun teh hitam bisa dipakai juga. Seduh kantung teh dengan air panas, ambil kantung teh, dan sisihkan suhunya agar tetap hangat.

Pakailah kapas dengan mencelupkan ke dalam teh kemudian tempelkan ke kulit yang terbakar perlahan. Kemudian oleskan pelan saja. Biarkan hingga mengering dan tehnya menyerap ke kulit, kemudian oleskan lagi. Lakukan saat menjelang tidur dan tidak perlu dibilas dengan air hingga pagi agar proses penyembuhan terjadi ketika tidur.

  • Cocoa Butter

Ambil cocoa butter dalam kulkas, oleskan di wajah yang terbakar. Cocoa butter bisa mempercepat proses penyembuhan kulit yang terbakar. Selain itu juga mudah sekali mencair dan membuatnya langsung menyerap pada pori-pori kulit.

  • Vitamin E

Antioksidan dalam vitamin E dapat mengurangi iritasi karena sengatan matahari. Caranya ambil 1 kapsul vitamin E untuk dioleskan pada luka bakar di kulit. Sobek pil hingga keluar minyaknya, oleskan minyak pada bagian yang terluka hingga meresap. Untuk  vitamin E jenis kapsul juga bisa dikonsumsi secara rutin.

  •  Cold Creams

Kulit wajah yang terbakar membutuhkan perawatan menggunakan lotion pelembab sehingga bisa terjadi pengelupasan kulit. Penggunaan krim pelembab juga bisa memberikan rasa nyaman pada wajah yang terbakar sinar matahari. Baby lotion sangat baik untuk meredakan sakit kulit yang terbakar.

  • Penggunaan Sunblock

Sunblock bisa digunakan untuk menutupi permukaan kulit dari sinar matahari langsung. Krim pelindung sinar matahari juga dapat menghilangkan rasa perih dan panas. Cara pemakaiannya ialah dengan disemprot atau dioles.

Demikian informasi mengenai tips mengatasi kulit terbakar karena paparan sinar matahari. Semoga bermanfaat bagi para Pembaca setia. Terlebih bagi Anda yang takut memiliki kulit gelap akibat terbakar sinar matahari. (MLS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here