Tips Mengatasi Milk Blister atau Bintil Putih pada Payudara Ketika Masa Menyusui

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Sahabat Pembaca, setiap ibu yang baru saja memiliki anak tentunya bingung saat muncul bintil putih di payudara dan tersiksa karena rasanya sangat sakit kan? Jika ya, artikel berikut akan memberikan jawabannya.

Bagaimana  Mengatasi Milk Blister atau Bintil Putih Pada Payudara?

Milk blister bisa terjadi saat puting terdapat lecet dan muncul kulit baru. Proses pembentukan ini karena ASI menutup bagian pori-pori sehingga menutup saluran ASI. Bintil putih yang sekilas mirip dengan jerawat ini diiringi dengan rasa nyeri hebat yang sudah tidak tertahankan lagi sebab saluran ASI yang mengalami penyumbatan membuat bayi kesulitan saat menyusu.

  • Kompres dengan Air Hangat

Kompres payudara dengan menggunakan air hangat sehingga penyumbatan dapat teratasi. Sebaiknya kompres payudara dengan air hangat ini secara teratur. Kalau bisa pun di butuhkan anda dapat mengompres menggunakan bubuhkan saja dengan larutan garam sehingga pori-pori yang tersumbat bisa menjadi terbuka.

  • Bersihkan sisa ASI di Area Payudara

Ada baiknya bersihkan sisia ASI di area payudara yang mengalami milk blister dengan handuk basah kecil secara teratur atau bisa juga menggunakan bantuan medis dengan jarum steril. Hal ini diambil ketika proses konsultasi sangat mengganggu kenyamanan ketika menyusui sehingga guna jarum ialah menggangkat penyumbatan yang terjadi sehingga saluran ASI dapat terbuka.

  • Rutin Berikan ASI

Meskipun timbul rasa sakit tapi ada baiknya tetap berikan ASI dengan pompa ASI kemudian segera kompres payudara dengan pompa. Sehingga berbagai permasalahan yang sangat mengganggu ketika menyusui dapat ditangani secara cepat terlebih pemberikan ASI eksklusif ialah untuk memaksimalkan tumbuh-kembang bayi dapat berjalan secara lebih optimal.

Milk blister yang banyak terjadi pada ibu menyusui bisa dicegah dengan cara sebagai berikut:

  1. Selalu membersihkan area payudara secara rutin atau setelah menyusui bayi agar sisa-sisa dari ASI yang berada di sekitar payudara tidak menempel dan akhirnya menyumbat saluran ASI.
  2. Atur posisi menyusui dengan mengganti-ganti posisi payudara sehingga efektif terjadi nyeri di area payudara. Biasakan dengan berbagai macam posisi sehingga tidak kaget ketika baru mempunyai anak.
  3. Apabila belum banyak pengetahuan mengenai masa menyusui, sebaiknya lebih aktif berkonsultasi dengan orang yang lebih pengalaman, bidan, dan dokter, atau pun bisa sering memantau forum kesehatan, dan membaca artikel kesehatan.

Demikian informasi mengenai tips mengatasi milk blister atau binil putih pada payudara ketika masa menyusui. Semoga bermanfaat bagi Pembaca agar proses menyusui menjadi lebih lancar sebagai hal vital tumbuh dan kembang bayi yang masih ASI eksklusif. Pastikan para Pembaca memberikan ASI eksklusifnya ya. (MLS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here