Tips Mengatasi Rasa Malas saat Berpuasa

SehatFresh.com – Malas merupakan salah satu sifat yang di miliki oleh setiap manusia. Rasa malas memang sangat sulit di hilangkan bila tidak dengan kemauan dari dalam diri yang kuat. Malas juga merupakan salah satu sifat yang dapat menghambat kesuksesan.

Malas juga bisa mengacaukan segalanya. Pekerjaan yang seharusnya selesai dalam sehari terpaksa karena menunda-nunda akhirnya selesai dalam satu minggu. Kebiasaan malas ini harus dibuang jauh-jauh agar tidak merusak tatanan hidup kita. Berikut ini beberapa tips cara mengusir kebiasaan sifat rasa malas:

  1. Basuh muka dengan air, atau kalau perlu mandi sekalian agar badan menjadi segar dan ngantuk yang menyebabkan malas hilang
  2. Ubahlah posisi duduk ketika lagi membaca. Seperti waktu duduk ganti posisi berdiri dan hindari posisi duduk kemudian berbaring bisa – bisa nanti bablas jadi tidur deh.
  3. Ganti suasana atau posisi tempat bekerja, belajar atau lainnya yang membuat anda jadi malas. Carilah udara segar dengan duduk atau berdiri dekat dengan jendela.
  4. Jalan – jalan disekeliling rumah agar pikiran menjadi fresh dan tidak bosan atau bisa juga dengan melakukan kegiatan lainnya seperti membersihkan ruangan agar tubuh tetap beraktifitas.
  5. Minum air putih dan makan camilan. Lemah adalah tanda-tanda dehidrasi. Kekurangan cairan diketahui bisa menurunkan kemampuan otak dan membuat rasa ngantuk dan tidak bersemangat. Oleh karena itu, berikan asupan air yang cukup untuk tubuh setidaknya 2 liter dalam sehari. Jika itu tidak berguna, cobalah makan beberapa makanan penambah energi seperti camilan dari gandum atau cokelat hitam.
  6. Minum kopi. Minum kopi di sore hari bisa mengaktifkan kembali stamina dan energi. Menurut para peneliti, minuman tanpa lemak ini bisa memicu hormon adrenalin yang akan menghilangkan rasa kantuk. Dalam Journal of Neurology, Neurosurgery and Psychiatry, kopi juga bisa sebagai menghilangkan rasa sakit, memunculkan perasaan segar, sedikit gembira, dan hati akan melepas gula ke aliran darah yang menghasilkan energi ekstra.
  7. Ngobrol dengan keluarga atau teman sekedar untuk membuang rasa penat atau ketika sedang berada di depan komputer chating dengan teman online kamu. Tapi jangan sampai lupa dengan tujuan utamanya, bukannya nambah semangat malah keasyikan ngobrol.
  8. Jangan menunda. Jangan pernah menunda suatu hal. Cobalah untuk melakukannya sekarang juga. Menunda sebenarnya justru akan membuat beban anda menjadi lebih berat. Usahakan untuk segera melakukan tugas ataupun hal yang kecil sekalipun. Jika anda sudah terbiasa mengerjakan suatu hal secara langsung atau dalam kata lain tidak menundanya niscaya anda dapat terhindar dari rasa malas.
  9. Buat target. Buatlah target sesuai kemampuan anda. Dengan adanya target anda pasti akan berusaha mencapai target tersebut. Tanamkan pada diri anda bahwa anda pasti dapat menyelesaikan target yang anda buat. Dengan demikian anda akan merasa lebih bersemangat dan giat dalam melakukan suatu hal.
  10. Memotivasi diri sendiri. Usahakan untuk memotivasi diri anda sendiri, tanamkan pada diri and bahwa anda bukanlah orang yang malas dan malas itu akan merusak banyak hal yang ada pada diri anda. Dengan melakukan motivasi ini maka tubuh anda akan secara otomatis akan memberikan perlawanan jika anda mulai melakukan hal yang bersifat malas.

Itulah beberapa tips agar kita tidak terjauh dari penyakit malas.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY