Tips mengatasi Rasa Sakit di Dada dan Serangan Jantung Koroner

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Serangan jantung tidak tergantung pada keparahan rasa sakit di dada yang dirasakan. Sakit dada yang dirasakan belum tentu terjadi pada semua orang yang mengalami sakit jantung. Kadang-kadang rasa sakit yang ringan sering disalahartikan sebagai gangguan pencernaan biasa, seperti sakit lambung (maag). Sebaliknya, tidak semua sakit dada adalah akibat dari serangan jantung.

Gejala-gejala yang sering dirasakan jika mengalami penyakit jantung koroner antara lain rasa sakit atau nyeri di dalam dada. Gejala lain yaitu merasakan tekanan di tengah dada selama 30 detik sampai dengan 5 menit. Hal lainnya adalah keluar keringat dingin, jantung berdebar-debar, pusing, dan merasa mau pingsan. Namun beberapa gejala tersebut tidak selalu dirasakan penderita penyakit jantung koroner. Tanda peringatan lain adalah napas tersengal-sengal atau sesak napas pada saat berolahraga.

Penyakit jantung koroner dapat terjadi karena tersumbatnya pembuluh darah utama yang memasok darah ke jantung (pembuluh koroner). Sumbatan ini disebabkan oleh banyaknya timbunan kolesterol berupa plak yang menempel di dinding pembuluh darah. Plak yang retak mengakibatkan terjadinya penggumpalan darah. Akhirnya, penggumpalan darah tadi menghambat pasokan darah dan oksigen ke dalam jantung melalui pembuluh koroner. Kondisi inilah yang akhirnya menyebabkan rasa sakit di dada atau biasa disebut serangan jantung. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk mengatasi rasa nyeri di dada dan serangan jantung koroner .

  • Minum Air Hangat

Jika dada anda terasa sakit usakahan minum air hangat. Air hangat  dapat membantu mengeluarkan gas yang ada didalam rongga perut. Anda bisa minum segelas air putih hangat.

  • Atur Pola makan sehat

Hindari mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung lemak atau kolesterol tinggi. Seafood memiliki kandungan kolesterol tinggi yang dapat membahayakan kesehatan jantung. Kurangi menyantap makanan yang digoreng dan banyak mengandung lemak. sebaiknya makanan dapat diolah dengan cara dikusus, direbus, atau dipanggang.

  • Berhenti merokok

Untuk menghindari terjadinya rasa nyeri di dalam dada anda harus berusaha untuk berhenti merokok. Karena mengisap rokok sangat tidak baik baggi kesehatan jantung, maka segera hentikan kebiasaan ini agar jantung anda tetap sehat.

  • Olahraga Ringan

Tidak hanya makanan atau minuman, aktivitas fisik juga dapat membantu mengatasi nyeri di dada. Anda bisa melakukan olah raga sit-up untuk mengurangi gas yang berada di dalam tubuh. Atau minimal anda dapat melakukan aktivitas atau bergerak, usahakan jangan terlalu lama duduk. Kegiatan olahraga yang tidak bersifat kompetisi dan tidak terlalu berlebihan dapat menguatkan kerja jantung dan dapat membantu melancarkan peredaran darah ke seluruh tubuh.

  • Minum Banyak Air

Ini adalah cara termudah untuk mengatasi rasa nyeri dada akibat gas berlebih. Air yang masuk ke dalam perut melalui rongga dada dapat mendorong gas keluar dari pencernaan. (AGT)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here