Tips Mengatasi Sakit Kepala Karena Kehujanan

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Kehidupan tidak lepas dari yang namanya aktivitas. dalam keadaan fisik apapun dan dalam kondisi cuaca yang seperti apapun setiap orang tidak akan pernah lepas dari aktivitas. Aktivitas menurut saya dapat diartikan secara sempit sebagai rutinitas, sehingga suatu rutinitas tidak dapat kita tinggal setiap harinya. Termasuk apabila kita cuaca dalam keadaan hujan pun kita harus melakukan aktivitas.

Pada musim hujan membuat kita sulit untuk melakukan aktivitas sehari-hari karena pada musim ini di anggap sebagai musimnya suatu penyakit, suatu musim dimana terjadinya penyakit seperti batuk, flu dan sakit kepala. Sebagian orang menganggap masalah tersebut disebabkan oleh air hujan. Bagi anda yang sudah terlanjur mengalami sakit kepala akibat kehujanan berikut ini beberapa tips untuk mengatasi masalah tersebut, diantaranya sebagai berikut :

  1. Jaga pola makan

Apabila anda mengalami sakit kepala maka anda dapat mengatasinya dengan menjaga pola makan. Asupan makanan yang bergizi dapat mencegah sakit kepala semakin parah. Perbanyak mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran. Terutama buah dan sayur yang banyak mengandung vitamin C. Karena vitamin C dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh selain itu juga mempercepat proses penyembuhan sakit kepala yang anda alami.

  1. Keramas dan mandi air hangat

Menurut dr Kevin William Hutomo mengatakan sakit kepala karena kehujanan disebabkan akibat perubahan suhu yang mendadak yang mengakibatkan penyempitan pembuluh darah. Selain itu sakit kepala dapat disebabkan karena penularan bakteri, virus yang di bawa oleh air hujan. Untuk mengatasinya dengan cara keramas dan mandi air hangat. Keramas berfungsi untuk menghilangkan berbagai jenis bakteri da virus di daerah kepala dan mandi air hangat berfungsi untuk mempertahankan dan menetralkan suhu tubuh yang dingin menjadi normal.

  1. Minum air putih yang cukup

Setiap orang di anjurkan minum dalam sehari minimal 8 gelas atau 2-3 liter per hari. menurut dr Kevin penyempitam pembuluh darah yang diakibatkan karena perubaha suhu yang mendadak sehingga asupan oksigen ke area otak berkurang hal ini menyebabkan sakit pada kepala. Air putih berfungsi untuk melancarkan peredaran darah dan darah membantu dalam proses penyebaran oksigen di dalam tubuh. Sehingga dengan mengkonsumsi air putih yang cukup akan membuat peredaran darah menjadi lancar dan dapat mengurangi sakit kepala.

  1. Istirahat

Apabila anda mengalami sakit kepala karena kehujanan maka lebih baik anda tidur untuk mengistirahatkan kondisi tubuh anda yang kurang sehat. karena dengan istirahat yang cukup akan membuat anda menjadi lebih bugar sehingga sakit kepala yang anda rasakan dapat berkurang.

  1. Mengkonsumsi vitamin dan suplemen

Saat anda kehujanan dan mengalami pusing dianjurkan anda untuk mengkonsumsi suplemen atau vitamin untuk mengembalikan daya tahan tubuh anda yang sedang menurun. Sehingga di harapkan dapat berkurangnya rasa sakit tersebut.

  1. Kunjungi dokter atau tenaga kesehatan

Apabila dalam waktu 3 hari sakit kepala yang anda alami belum juga sembuh segeralah pergi ke dokter untuk memastikan kondisi yang anda alami. Selain itu agar anda segera mendapatkan pertolongan medis seperti mendapatkan obat perda sakit kepala. (KMY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here