Tips Mengatasi Stres saat Terjebak Kemacetan

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Untuk Anda yang hidup di kota besar, kemacetan jalanan setiap hari mungkin sudah jadi langganan. Jika Anda termasuk salah satu yang sering terjebak kemacetan, berhati-hatilah. Selain boros bensin, macet juga merugikan kesehatan fisik maupun mental. Ini karena macet memicu stres sehingga dapat menyebabkan perubahan perilaku, kepribadian, dan kemampuan untuk membuat keputusan. Karenanya, setelah lepas dari kemacetan, seseorang cenderung menjadi lebih agresif dan terkadang lepas kendali guna menebus waktu yang terbuang karena terjebak macet. Dalam jangka panjang, stres karena kemacetan dapat menjadi memicu kerusakan otak yang berkaitan dengan penurunan memori dan penyakit lainnya.

Kemacetan jalanan memang sulit dihindari. Namun, bukan berarti stres saat terjebak macet tak bisa diatasi. Intinya adalah bagaimana membuat suasana berkendara menjadi lebih menyenangkan. Berikut adalah beberapa cara sederhana yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi stres saat terjebak kemacetan:

  • Tarik napas dalam-dalam. Teknik relaksasi, seperti menarik napas dalam-dalam, adalah satu cara sederhana yang bisa Anda lakukan untuk meredakan stres di jalanan. Bila Anda mulai merasa emosional, tarik napas dalam-dalam melalui hidung lalu keluarkan perlahan dari mulut. Lakukanlah beberapa kali secara berulang guna menyuplai lebih banyak oksigen ke otak sehingga Anda dapat berpikir lebih jernih dan santai.
  • Putar musik. Musik dapat memengaruhi kondisi kejiwaan. Kala terjebak macet, Anda bisa memutar musik yang tenang yang dapat menstimulasi otak untuk mengurangi kelelahan mental, seperti musik jazz, ataupun musik kesukaan. Mendengarkan siaran radio favorit juga dapat membuat suasana berkendara menjadi lebih menyenangkan.
  • Lakukan peregangan. Ketika macet, usahakan jangan berada pada posisi yang sama dalam waktu yang lama. Lakukanlah peregangan ringan agar otot-otot di leher, bahu, dan punggung tidak tegang sehingga berkendara pun akan lebih nyaman.
  • Persediaan makanan. Macet ditambah lapar biasanya membuat seseorang menjadi lebih cepat marah. Untuk itu, sebaiknya selalu siapkan persediaan makanan dalam mobil Anda. Misalnya, kacang atau buah yang kaya vitamin C. Menurut penelitian, kedua jenis makanan tersebut dapat mengurangi kadar hormon stres dalam tubuh.
  • Aromaterapi. Aromaterapi telah lama digunakan sebagai salah satu metode untuk meredakan stres. Sekarang ini pun banyak pilihan pewangi mobil aromaterapi, baik itu kertas, gel, ataupun cairan. Pilihlah aroma yang membuat Anda tenang. Pemilihan aroma yang tepat dapat membantu meningkatkan performa mental dalam menghadapi berbagai pemicu stres. (RFZ)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here