Tips Mengatur Pola Makan Seimbang untuk Pria Dewasa

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Menu seimbang merupakan menu yang terdiri dari berbagai macam makanan dalam jumlah yang sesuai dengan kebutuhan sehingga dapat memenuhi kebutuhan gizi sehari-hari yang berfungsi untuk memelihara dan perbaikan sel-sel tubuh dan proses dalam kehidupan. Akan tetapi sebuah penelitian mengatakan bahwa apabila seseorang sudah berusia lebih dari 20 tahun maka pertumbuhan tubuhnya sudah berhenti, sehingga fungsi makanan hanya mempertahankan gizi dalam tubuh. Kebutuhan energi pada orang dewasa umumnya sekitar 1.700 kalori sampai 2.250 kalori.

Kaum pria memiliki kebutuhan kalori yang berbeda dengan kaum wanita. Menurut Americn Heart Association merekomendasikan kebutuhan gizi pada pria dewasa diantaranya yaitu:

  1. Usia antara 19 tahun dan 30 tahun sebaiknya membatasi asupan kebutuhan kalori harian yaitu apabila tidak aktif kebutuhan kalori maksimal 2.400 kkal, jika agak aktif kebutuhan kalori sekitar 2.600 kkal, dan jika sangat aktif kebutuhan kalori sekitar 3.000 kkal.
  2. Usia antara 31 tahun dan 50 tahun sebaiknya anda harus membatasi asupan kebutuhan kalori harian yaitu apabila tidak aktif kebutuhan kalori maksimal 2.200 kkal, jika agak aktif kebutuhan kalori sekitar 2.400, dan jika sangat aktif kebutuhan kalori sekitar 2.800 kkal.
  3. Apabila usia seorang pria 51 tahun atau lebih dari 51 tahun sebaiknya anda harus membatasi kebutuhan kalori harian yaitu jika tidak aktif kebutuhan kalori maksimal 2.000 kkal, jika agak aktif kebutuhan kalori sekitar 2.200 kkal, dan jika sangat aktif kebutuhan kalori sekitar 2.400 kkal.

Bagaimana porsi makan yang sehat untuk pria?

Selain membatasi kebutuhan kalori kunci lain dalam upaya menjaga kesehatan tubuh pria dewasa yaitu dengan mengkonsumsi makanan dalam porsi yang tepat seperti 1 cangkir sayuran dan buah segar, ½ cangkir sayuran bertepung atau kacang-kacangan yang telah dikeringkan, 1 lembar roti tawar, 1 cangkir sereal kering atau ½ cangkir sereal basah, 1/3 cangkir nasi atau pasta, 1 cangkir susu (sebaiknya menggunakan susu yang tidak mengandung lemak atau rendah lemak), 3 ons daging merah tanpa lemak, ayam atau ikan. Catatan 1 cangkir sama halnya dengan 1 bola tenis dan 3 ons sama halnya dengan setumpuk kartu remi.

Bagaimana tips pola makan untuk pria dewasa?

  1. Sarapan

Pada saat sarapan memilih dan menambahkan makanan yang mengandung protein merupakan ide cemerlang yang baik untuk sistem metabolisme. Selain itu sarapan dengan memilih jenis makanan tersebut dapat membantu memperbaiki otot. Makanan yang mengandung protein dapat memperlambat proses pengosongan lambung sehingga anda akan merasa kenyang lebih lama. Jenis makanan yang mengandung protein diantaranya telur, ikan salmon, daging tanpa lemak, potongan alpukat, sereal dan susu tanpa lemak. Apabila anda sebagai pria pecinta kopi atau teh waktu terbaik untuk mengkonsumsi jenis minuman tersebut yaitu diatas jam  pagi.

  1. Makan siang

Menu makan sehat untuk pria dewasa di siang hari yaitu dengan memadukan jenis makanan yang mengandung protein dan karbohidrat pati. Contoh jenis makanan tersebut anda bisa mengkonsumsi sandwich yang dilapisi dengan irisan daging sapi, salmon, tuna atau daging ayam. Kemudian anda bisa ditemani dengan semangko salad segar dan segelas jus buah. Apabila anda merasa ingin ngemil anda boleh mencoba jenis makanan seperti kacang dan piji-bijian, buah-buahan, dan popcorn kering.

  1. Makan malam

Pada malam hari anda bisa mengkonsumsi satu porsi nasi merah yang di padu dengan lemak esensial seperti ikan salmon, sarden. Selain itu juga anda bisa mengkonsumsi jenis kacang-kacangan. Jenis makanan tersebut dibutuhkan tubuh untu pertumbuhan dan perbaikan sel sepanjang malam. (KMY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here