Tips Mengembangkan Kecerdasan Emosional pada Anak

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Semua orang tua pasti menginginkan anaknya cerdas. Namun kecerdasan otak saja ternyata belum cukup untuk bekal seorang anak menjalani kehidupannya. Ada satu hal penting lagi yang harus ditanamkan sejak dini kepada anak yaitu kecerdasan emosional.

Kecerdasan emosional atau disebut dengan EQ adalah kemampuan seseorang untuk menerima, mengevaluasi, mengelola serta mengontrol emosi diri sendiri maupun orang lain disekitarnya. Dengan kemampuan tersebut anak akan mampu mengendalikan emosinya, merespon orang lain dan mampu membentuk hubungan dengan orang lain. Jadi bisa kita ketahui bahwa kecerdasan emosional itu juga penting.

Agar kecerdasan emosional anak berkembang dengan baik maka kita harus membantu mengembangkannya sejak dini sehingga besar nanti dia sudah mempunyai kecerdasan emosional yang baik. Untuk itu berikut ada tips yang bisa yang bisa anda lakukan sebagai orang tua untuk mengembangkan kecerdasan emosional pada anak:

  1. Gunakan pola asuh yang tepat

Ada empat jenis pola asuh pada anak yaitu authoritative, Authoritarian, Neglectful, dan Indulgent. Dari keempat jenis pola asuh tersebut, yang sebaiknya anda terapkan adalah authoritative yaitu mengasuh anak dengan hangat namub tetap ada ketegasan sehingga kecerdasan emosional anak mudah untuk dibentuk.

  1. Pahami karakter anak

Memahami karakter anak akan mempermudah anda dalam mengembangkan kecerdasan emosionalnya. Oleh karena itu pahamilah pola pikir anak, sudut pandang serta karakter anak dengan baik sehingga anda mudah bagaimana cara mengembangkan kecerdasan emosionalnya.

  1. Berikan contoh yang baik

Anak biasanya akan menirukan sikap atau tingkah laku orang disekitarnya. Hal itu juga berlaku saat ia belajar kecerdasan emosional. Jadi sebaiknya anda memberikan contoh perilaku yang baik atau positif dan penuh tanggung jawab.

  1. Bebaskan anak untuk mengekspresikan dirinya

Saat anak mencoba mengekspresikan diri maka biarkan dan bebaskan mereka. Anda bisa mendengarkannya saat anak mencoba berekspresi dengan itu kecerdasan emosional anak akan terbentuk.

  1. Ajarkan anak dalam memecahkan masalah

Saat anak mendapatkan masalah misalnya bertengkar dengan teman sebayanya karena berebut mainan maka jangan biarkan saja tapi bantu atau ajarkan anak cara menyelesaikan masalah dengan temannya. Dalam kasus ini bantu anak berdamai dengan temannya hingga saling memaafkan.

  1. Ajari tata krama

Mengajarkan tata krama sejak kecil akan membentuk sikap yang sopan dan santun kelak waktu dewasa. Jadi sejak dini ajarkan anak tentang tata krama, kejujuran dan hal baik lainnya. (DKA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here