Tips Mengenalkan Bulan Ramadhan pada Anak

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Setiap orang tua memiliki tugas dan tanggungjawab dalam menjaga dan mendidik anak-anaknya. Hal tersebut karena anak belum memiliki pemahanan mengenai suatu hal yang baik dan buruk suatu perbuatan, suatu hal yang harus dilakukan dan tidak dilakukan dan lain sebagainya.

Agama merupakan suatu pendidikan yang utama yang harus diberikan pada anak, karena agama merupakan suatu pondasi dan batasan seseorang dalam melakukan suatu perbuatan. Setiap agama yang ada di Dunia khususnya Indonesia memiliki ajaran mengenai kewajiban yang harus dilakukan oleh umatnya.

Bagi umat islam salah satu pendidikan agama yang perlu diberikan dan dikenalkan orang tua pada anaknya yaitu bulan suci ramadhan dimana setiap umat muslim diwajibkan untuk melakukan ibadah puasa. Berikut ini beberapa tips yang dapat dilakukan orang tua untuk memperkenalkan bulan ramadhan pada anak, antara lain :

  1. Memberikan informasi mengenai keutamaan bulan ramadhan

Bulan ramadhan merupakan bulan suci dan penuh keberkahan. Keutamaan bulan ramadhan bagi umat muslim yaitu menjalankan ibadah puasa dan membayar zakat fitrah. Selain itu dibulan ramadhan ada suatu ibadah yang hukumnya sunah yaitu sholat terawih yang dilengkapi dengan sholat witir. Untuk memberikan pemahaman dalam mengajarkan anak, anda dapat membelikan buku mengenai 3 ibadah tersebut (puasa, zakat, sholat terawih dan witir) dan membaca bersama anak.

  1. Tidak memaksa

Anak-anak masih dalam tahapan tumbuh kembang yang memerlukan banyak nutrisi. Dalam mengenalkan bulan ramadhan sebaiknya anda tidak memaksa anak untuk menjalankan ibadah puasa secara full.

  1. Mulai bertahap

Untuk melatih anak menjalankan ibadah puasa anda dapat menerapkannya secara bertahap. Contohnya anda dapat menyuruh anak untuk berpuasa hingga sholat dzuhur, setelah berbuka anak dapat melanjutkan puasanya kembali hingga magrib. Atau mungkin anda dapat menerapkan anak untuk berpuasa hingga sholat dzuhur untuk beberapa hari dan hari berikutnya bisa sampe asar, kemudian hingga magrib.

  1. Mengatur jadwal aktivitas anak

Mengenalkan anak mengenai bulan ramadhan dapat anda lakukan dengan cara mengatur jadwal aktivitas si kecil. Contohnya membuat jadwal tidur siang, waktu bermain, tidur malam dan mengatur jadwal sahur.

  1. Memberikan penghargaan

Berikan penghargaan pada anak atas usahanya dalam melakukan ibadah puasa dan sholat terawih. Hal ini dilakukan bertujuan untuk menambah semangat anak dalam menjalankan kewajiban untuk beribadah pada Allah SWT. Bentuk penghargaan yang dapat anda berikan pada anak berupa pujian atau menghidangkan menu makanan favorit untuk berbuka puasa.

  1. Mengatur menu makanan anak

Karena masa anak-anak masih dalam tahap tumbuh kembang jadi anda sebagai orangtua perlu mengatur menu makanan si kecil agar kebutuhan nutrisi dan cairan anak tetap tercukupi meskipun berpuasa.

  1. Mengajak anak untuk meramaikan syiar ramadhan

Pada saat bulan ramadhan tentu banyak amalan yang dapat dilipatgandakan pahalanya, untuk itu dalam mengenalkan bulan ramadhan pada anak anda dapat mengajak anak untuk meramaikan syiar ramadhan. Contohnya bersodaqoh, memperbanyak membaca Al-Qur’an dan lain-lain.

Lakukan hal yang sama di tahun berikutnya sampai anak dapat menjalakan kewajiban di bulan ramadhan dengan baik. (KMY)


Warning: A non-numeric value encountered in /home3/sehatfre/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here