Tips Mengendalikan Mood Swing saat PMS

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Sering marah, tiba-tiba senang berlebihan dan sedih. Pasti anda sedang mengalami mood swing karena sebentar lagi anda akan menstruasi. Mood swing merupakan salah satu gejala dari premenstrual syndrome dengan tanda perubahan mood secara tiba-tiba bisa ringan hingga berat.

Adanya mood swing membuat kita merasa tidak nyaman jadi harus segera diatasi. Untuk mengatasi atau mengendalikan mood swing saat premenstrual syndrome, berikut ada beberapa tips yang bisa anda gunakan:

  1. Atasi stress

Stress merupakan salah satu hal yang dapat memperparah gejala PMS dimana juga mempengaruhi mood swing yang anda rasakan. Jadi mengatasi stress juga diperlukan. Untuk mengatasi stress anda bisa melakukan latihan terapi pernafasan seperti tekni pernafasan api dan teknik pernafasan 4-7-8.

  1. Banyak minum

Banyak minum akan membantu menghilangkan rasa kembung, retensi cairan dan gejala lain yang muncul pada saat merasakan mood swing. Sebaiknya minum air putih atau jus dan hindari minuman bersoda, alkohol serta yang banyak mengandung kafein.

  1. Atur pola makan seimbang

Jika anda termasuk orang yang susah atau dalam kesehariannya belum bisa menyesuaikan makanan dengan pola seimbang. Pada saat mood swing datang, sebaiknya mulai makan makanan yang seimbang untuk mengatasi mood swing. Biasanya tidak makan sayur maka harus menambahkan sayuran, dan juga buah-buahan dalam menu makan anda.

  1. Minum suplemen atau vitamin

Menjaga kesehatan tubuh juga perlu untuk mengatasi mood swing dan untuk itu anda memerlukan asupan tambahan seperti vitamin B6, kalsium dan magnesium.

  1. Perbaiki pola tidur

Pola tidur yang tidak baik dapat berdampak pada kesehatan seperti mengalami depresi dan lain-lain yang dapat memperburuk mood swing sehingga mulailah perbaiki pola tidur anda.

  1. Berolahraga

Tidur yang cukup dan pola makan seimbang saja tidak cukup jika tidak diimbangi dengan berolahraga. Olahraga yang cocok untuk mengatasi mood swing yaitu aerobik. Jadi lakukan aerobik secara rutin.

  1. Mendengarkan musik

Banyak penelitian yang menggunakan metode mendengarkan musik untuk menenangkan seseorang. Saat mood swing anda perlu susana yang tenang sehingga mendengarkan musik bisa menjadi pilihan untuk anda untuk mengatasi mood swing.

Di atas merupakan beberapa pilihan tips untuk mengatasi mood swing saat PMS. Anda bisa menggunakan yang sesuai dengan keadaan anda. Selamat mencoba dan semoga dapat mengatsi mood swing anda sehingga dapat menjalankan rutinitas harian anda dengan menyenangkan. (DKA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here