Tips Mengendalikan Stres Selama Masa Kehamilan

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Pembaca pernahkah Anda mengalami stres selama masa kehamilan? Atau mungkin pasangan Anda sedang mengalami? Bagaimana cara mengendalikan stres ketika hamil? Upayakan semaksimal mungkin agar kondisi kesehatan ibu tetap terjaga dan perkembangan janin tetap maksimal.

Hamil merupakan momen berharga bagi setiap pasangan karena akan hadir seorang anggota keluarga baru. Banyak wanita yang justru mengalami stres ketika masa kehamilan.

Tips Mengendalikan Stres Selama Hamil

  1. Hindari Kebiasaan Negatif Thinking

Isi hidup dengan kebahagiaan, sering mengobrol dengan teman atau keluarga, bernyanyi, menguyah permen karet, atau makan buah-buahan.

2. Komunikasi

Isolasi sosial dan rasa sendirian membuat ibu hamil sering merasa kesedihan. Jagalah hubungan emosional yang baik dengan pasangan, keluarga dan teman-teman agar tidak merasa kesepian.

3. Ikutilah Kegiatan Meditasi dan Yoga

Meditasi dan yoga dapat mengurangi ketegangan pada otot, menurunkan reaksi tubuh terhadap stress, dan menurunkan hormone stress, dan memperlambat detak jantung.

4. Berikan Waktu Khusus untuk Santai

Berikan waktu khusus ketika stres sudah mulai datang. Saat suasana hati mulai tidak baik, ambil waktu sejenak untuk beristirahat dan bersantai seperti menikmati pijat hamil, mandi air hanga, membaca buku, berbaring, atau apapun yang dapat membuat anda merasa lebih rileks.

5. Pola Tidur yang Cukup

Masa kehamilan sering membuat wanita lebih sensitif dan tidak nyaman. Atur pola tidur yang cukup agar mood tetap terhaga dengan baik. Hindari begadang atau terjaga hingga larut malam, sebab hal ini tidak baik untuk kondisi kesehatan ibu dan janin.

6. Pijat Relaksasi

Hilangkan ketegangan, ketakutan, dan rasa cemas saat dengan melakukan pijat relaksasi oleh pemijat ahli relaksasi. Pijatan relaksasi dapat membuat pikiran dan tubuh menjadi lebih rileks.

7. Olahraga

Olahraga selama kehamilan membuat badan lebih sehat, fit dan menjadikan jiwa yang sehat.

8. Makan Makanan Penghilang Stres

  •  Kacang almond. Kandungan omega 3, vitamin B2, dan vitamin E yang ada di dalam kacang almond dapat meredakan rasa stress.
  • Konsumsilah ikan salmon, ikan tuna, ikan kembung, dan lain sebagainya yang mengandung omega 3 dapat meredakan stres.
  • Cokelat hitam. Cokelat hitam dapat mengurangi rasa stres seseorang.
  • Brokoli mengandung vitamin B2 yang dapat menurunkan rasa stress.
  • Susu mengandung vitamin B dan B2 untuk meningkatkan mood seseorang.

Jenis makanan yang seharusnya dihindari hamil agar tidak memicu stress sebagai berikut:

  • Kandungan lemak trans tertinggi.
  • Makanan yang mengandung karbohidrat.
  • Kopi
  • Alkohol dan minuman keras.
  • Makanan cepat saji.
  • Makanan kalengan dan olahan.

Demikian informasi yang diberikan khusus untuk Pembaca mengenai penanganan terhadap stres saat kehamilan. Semoga artikel tersebut dapat menjadi rujukan bagi Pembaca agar dapat mengupayakan yang terbaik saat hamil.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here