Tips Mengetahui Adanya Kandungan Boraks atau Formalin yang Terdapat pada Makanan

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Sahabat Pembaca, pernahkah merasa takut dengan berbagai macam makanan yang mengandung boraks dan formalin di pasaran? Lalu supaya lebih cermat memilih makanan kita perlu mengetahui ada atau tidaknya kandungan boraks dan formalin di berbagai makanan.

Bagaimana Cara Mendeteksi Kandungan Boraks atau Formalin di Dalam Makanan?

Kandungan boraks (bleng) atau formalin (pengawet mayat) yang ada di dalam makanan bisa dideteksi melalui pengujian tanpa uji laboratorium. Pengujian tersebut bisa dilihat melalui penjelasan berikut:

  1. Cirikhas Makanan yang Mengandung Formalin
  • Ikan

Ikan yang tidak mengandung formalin memiliki insang dengan warna merah tua, tidak cerah serta tidak merah segar. Ikan tidak memiliki bau khas ikan asin, tidak memiliki warna daging putih bersih, tekstur daging sangat kenyal dan tidak cepat rusak, tidak cepat patah, dan sangat keras sehingga tidak ada lalat yang hinggap.

  • Mie Basah

Mie basah yang mengandung formalin teksturnya tidak ada lengketnya sama sekali, kenyal, dan tidak cepat rusak dalam jangka waktu yang lama.

  • Tahu

Tekstur tahu kenyal, tidak padat, tidak mudah sangat keras, dan tidak cepat rusak dalam kurun waktu yang sangat lama.

  • Bakso

Bakso yang memiliki Tekstur sangat kenyal, tidak rusak sampai 2 hari pada suhu kamar, jika dibelah di dalamnya tampak warna merah tua mencolok tidak wajar

  • Daging Ayam

Daging ayam yang mengandung boraks memiliki tekstur daging yang kencang dan tidak mudah rusak sehingga lalat tidak suka hinggap.

2. Cirikhas Makanan yang Mengandung Boraks

  • Bakso. Tekstur bakso yang mengandung boraks begitu kenyal, berwarna tidak begitu kecokelatan seperti daging, dan tidak mengalami keputihan.
  • Lontong. Lontong yang mengandung boraks rasanya sangat getir, baunya menyengat dan tajam. Jika digigit begitu gurih.
  • Mie Basah. Mie basah yang mengandung boraks teksturnya tidak lengket, begitu kenyal, dan tidak cepat putus.
  • Kerupuk. Teksturnya sangat lembut dan renyah, ketika dimakan menimbulkan rasa getir di lidah dan sangat kriuk. Tidak mudah melempem.

3. Cara Menguji Makanan yang Mengandung Boraks

Apabila Anda memahami bagaimana ciri-ciri dari makanan yang di dalamnya terkandung boraks, maka Anda dapat mengujinya dengan menggunakan kunir atau kunyit ditusuk-tusukkan ke tusuk gigi lalu ditusukkan di bulatan baksonya. Jika mengandung boraks bakso akan berubah warna menjadi kemerahan.

Demikian informasi mengai tips mengetahui atau menguji kandungan boraks atau formalin yang ada di dalam makanan. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi setiap Pembaca dalam memilih makanan yang tepat untuk disantap. Berhati-hatilah dengan berbagai jenis makanan yang memungkinkan adanya boraks. (MLS)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY