Tips Menghindari Mimisan Selama Kehamilan

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Pada masa kehamilan tentunya banyak hormon yang meningkat dan mengalami perubahan yang terjadi dan resiko yang dialami ibu hamil salah satunya yaitu mimisan, mimisan di sini diartikan sebagai keluarnya dari jalan napas atau hidung bagian bawah seseorang. Risiko yang sangat rentan dan banyak terjadi yaitu pada ibu hamil, yang memasuki Trimester ke dua sampai lahirnya bayi sekitar umur 40 minggu. Pada artikel sebelumnya kita telah membahas tentang cara mengatasi mimisan pada kehamilan. Gejala yang dialami sama biasanya mimisan semakin meningkat pada ibu hamil yang mengalami pilek, sinus, alergi atau kondisi saluran hidung bagian dalam yang kering dan kekurangan cairan dalam  tubuh. Pada kondisi internal juga dipengaruhi oleh tekanan darah tinggi dan gangguan pada proses pembekuan darah yang dapat memicu terjasinya mimisan pada kehamilan.

Cara mengatasi mimisan sederhana

Cara menghentikannya yang sederhana sangat mudah dengan cara duduk tegak kepala anda lebih tinggi dari jantung jangan sesekali anda berbaring, kemudian tekan hidung dengan ibu jari, dan bernapaslah melalui mulut lakukan selama 5 sampai 10 menit. Jika selama 10 menit pendarahan masih saja mengalir  dan tidak berlebihan anda dapat mengkompres dengan air es dan apa bila pendarahan semakin hebat dan dalam 20 menit dari hidung anda segera ke dokter atau ke fasilitas kesehatan terdekat untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Cara menghindari ibu hamil agar tidak terjadi mimisan

  1. Cara yang pertama dalam kehamilan asupan cairan dari tubuh tidak boleh berkurang, anda dapat meminum cairan tambahan untuk membantu menjaga semua selaput lendir anda agar terhidrasi dengan baik.
  2. Saat anda bernapas hiruplah udara dengan hidung anda dengan lembut. Jika anda Bernapas secara agresif hal ini akan menimbulkan anda terkena mimisan.
  3. Jika anda bersin, lakukan dengan mulut terbuka dan di tutup oleh tangan, tidak untuk ditahan.
  4. Anda perlu menghindari udara panas saat siang hari, dan cari udara yang stabil ( tidak terlalu panas atau dingin) karena dapat menghindari hidung anda dari mimisan.
  5. Anda bisa gunakan pelembab untuk mencegah kekeringan pada hidung anda, beberapa ahli menyarankan bahwa pelembab yang berbasis air, seperti cairan saline untuk hidung
  6. Janganlah terlalu seringa anda menggunakan obat semprot hidung karena obat tersebut akan membuat kering hidung anda dan selanjutnya akan berpotensi menyebabkan iritasi di hidung anda dan dapat terjadi mimisan.

Pada ibu hamil yang mengalami mimisan salah satunya hal ini berhubungan dengan peningkatan risiko pendarahan pada saat masa persalinana atau kelahiran bayinya, dalam penelitian menemukan bahwa risiko pendarahan berat salah satunya dari 10 wanita hamil yang pada masa kehamilannya mengalami mimisan. Tetapi umunya sangat jarang jika mimisan mempengaruhi pada masa kelahirannya, namun jika anda megalami mimisan sangat parah dan sudah berkonsultasi pada dokter sampai trimester terakhir anda mungkin akan disarankan untuk melahirkan di rumah sakit dengan pengawasan dokter yang bersangkutan. Atau disarankan untuk operasi caesar. (NLT)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here