Tips Menghindari Sakit Punggung Akibat Membawa Beban Berat

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Remaja biasanya sedang dalam masa yang paling aktif untuk mengikuti berbagai kegiatan baik di sekolah atau luar sekolah. Hal tersebut seringkali membuat remaja tersebut harus membawa banyak barang demi mendukung kegiatannya. Misalnya mengikuti les Bahasa Inggris sepulang sekolah. Modul Bahasa Inggris yang bisa saja lumayan berat karena terdiri dari beberapa buku itu membuat tas semakin penuh dan berat. Belum lagi kalau jadwal sekolah di hari itu cukup padat, pasti semakin banyak buku yang harus dibawa.

Selain itu berbagai aktifitas lain seperti esktrakurikuler pencinta alam yang mengharuskan remaja membawa tas carrier dengan peralatan pendakian di punggung yang pastinya sangat berat. Anak- anak remaja tersebut seakan tidak mempunyai beban dalam menjalani aktifitas yang disenanginya.

Namun sebagai orang tua, ada baiknya kita mengingatkan anak untuk menjaga kondisi tubuhnya, termasuk juga untuk mengatasi bawaan tas yang berat tersebut supaya tidak menganggu tulang punggungnya. Karena jika sering dilakukan, hal tersebut akan membuat anak mengalami nyeri tulang belakang. Selain itu, jika anak seringkali merasa sakit di punggung, otot tegang dan leher yang terasa kaku, mungkin hal tersebut disebabkan oleh barang bawaan berat. Akibat yang paling fatal yang bisa dialami oleh anak adalah kerusakan permanen. Tentu Anda tidak ingin anak mengalami hal tersebut bukan?

Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat dilakukan untuk menghindari gangguan tulang punggung akibat bawaan yang terlalu berat:

  1. Mengatur posisi barang dalam tas

Menurut seorang Ahli Bedah Ortopedi yang bernama Dr Ashish Phadnis, berat barang maksimum yang dibawa seseorang adalah sebesar 15 persen dari berat tubuh. Usahakanlah jika membawa barang di punggung, susun barang- barang agar tidak terjadi berat sebelah. Selain itu beban pada punggung anak harus didistribusikan ke kedua bahu sebagai area tubuh yang lebih luas.

  1. Pilih tas yang tepat

Dalam hal ini, kenakan tali yang terdapat pada tas punggung pada kedua bahu. Jangan hanya menggunakan salah satu karena hal tersebut dapat membebani salah satu bahu dengan berlebih. Selain itu pilih tas yang memiliki bantalan bahu yang baik. Pilih ukuran tas yang sesuai dengan ukuran tubuh si anak, jadi apabila anak bertubuh kecil, jangan menggunakan tas terlalu besar.

  1. Bawa barang yang diperlukan

Ingatkan pada anak untuk hanya membawa barang yang benar- benar diperlukan pada hari tersebut. Dalam hal ini, jadwal sekolah akan sangat membantu. Tidak perlu membawa buku- buku yang tidak diperlukan pada hari itu.

  1. Gunakan tas beroda

Jika memungkinkan, sebaiknya gunakan tas yang beroda untuk menghindari membawa beban yang terlalu berat di punggung. Itu adalah cara terbaik untuk menghindari cidera dan gangguan pada punggung anak.

Dengan melakukan tips di atas, diharapkan aktifitas anak tetap dapat berjalan lancar dan kondisi kesehatan anak dapat terjaga dengan baik. (AYK)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here