Tips Menghindari Stres Berkendara saat Mudik pada Pria

SehatFresh.com – Mudik dengan mobil pribadi atau mobil rental memang menjadi salah satu pilihan favorit. Selain karena alasan kenyamanan, menggunakan mobil pribadi juga jadi salah satu solusi mudik tanpa harus direpotkan dengan antri tiket kendaraan umum atau juga berdesak-desakan.

Menghadapi jalanan yang padat merayap selama arus mudik atau pun arus balik bukan hal yang mudah. Belum lagi ditambah dengan hawa panas yang menyengat di sepanjang perjalanan jelas akan menambah tekanan baik fisik maupun mental bagi para pemudik.

Kita bakal makin stres saat perjalanan mudik jika sebelumnya kurang tidur. Padahal kalau dalam keadaan ngantuk kita biasanya gampang emosi. Oleh sebab itu tentu kita harus istirahat yang cukup sebelum mudik.  Berikut ada beberapa cara agar Anda dapat menghindari stres saat mudik.

  1. Kendalikan emosi. Emosi, tak mau kalah, dan terburu-buru merupakan penyebab utama stres di jalanan yang macet. Agar perjalanan tidak menjadi terburu-buru, cobalah Anda siasati dengan berangkat lebih awal dan buat perhitungan waktu yang kira-kira akan dihabiskan di jalan jika memang macet.
  2. Ciptakan suasana berkendara yang menyenangkan. Penting untuk tidak mudah terpancing oleh kondisi sekitar dan ulah pengendara lain yang mungkin membuat Anda emosi. Pastikan juga Anda menjaga situasi di dalam kendaraan agar tetap kondusif dan nyaman. Jika perlu, Anda mungkin bisa menyiapkan beberapa perlengkapan yang membuat tubuh tetap rileks saat berkendara seperti alat pijat yang bisa diletakkan di kursi mobil, menyalakan radio, atau bermain game jika Anda sedang tidak mengemudi. Selain itu, dinginkan suasana di dalam mobil tetap dingin dengan menyalakan AC dan siapkan minuman agar tubuh tetap terhidrasi.
  3. Pastikan anak-anak tetap tenang. Saat terjebak macet, anak-anak biasanya akan lebih cepat merasa bosan. Mereka kemudian akan menjadi rewel, gangguan ini tentu akan mempengaruhi pengemudi. Saat sedang macet, manfaatkan waktu untuk berbincang-bincang dengan si kecil. Selain itu, lengkapi perjalanan dengan buku dan permainan yang ia sukai.
  4. Bawa bekal makanan. Kelaparan pada sebagian orang dapat menimbulkan efek emosional, sehingga menjadi cepat marah. Oleh karena itu, ada baiknya untuk selalu membawa makanan dalam perjalanan panjang. Selain lebih sehat, ini juga bisa dilakukan untuk menghemat pengeluaran Anda.
  5. Cari jalur alternative. Saat ini, pemudik dengan kendaraan pribadi dapat memperoleh informasi mengenai kondisi lalu lintas lewat media jejaring sosial, televisi maupun radio. Dengan demikian, pengendara dapat memperkirakan jalur mana yang perlu dihindari agar tidak terjebak macet.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY