Tips Mengurangi Cemas Anak di Hari Pertama Masuk Sekolah

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Tidak semua anak antusias untuk menghadapi hari pertama masuk sekolah. Beberapa anak ada yang bersikap rewel. Akibatnya, situasi ini memunculkan masalah perilaku seperti enggan untuk masuk sekolah, mau masuk sekolah namun harus didampingi orang tuanya. Lantas  bagaimana sikap orang tua untuk menyiapkan mental anak agar tidak merasa cemas, galau atau malu saat menghadapi hari-hari awal masuk sekolahnya?

  1. Bawa barang kesayangan

Pertama, bekali anak anda dengan barang kesayangannya. Hal ini dapat dilakukan jika pihak sekolah memperbolehkan membawa barang lain selain alat tulis. Bekali anak anda dengan mainan kesayangan atau benda yang membuat anak nyaman saat di rumah. karena ketika anak sudah bertemu dengan teman baru, dirinya akan melepaskan benda-benda tersebut. Tujuan dari membawa barang kesayangan sang anak adalah untuk memberikan stimulus ketenangan pada saat di sekolah.

  1. Datang lebih awal

Untuk mengurangi rasa cemas anak dihari pertamanya masuk sekolah, anda bisa mengantarnya awal. Dengan cara ini, anak akan memiliki rasa nyaman terlebih dahulu sebelum memulai pelajaran di hari pertamanya. anak juga dapat bertemu dengan guru terlebih dahulu. Dengan demikian, anak akan merasa aman karena sudah diingat oleh guru.

  1. Memantaunya namun tidak berlebihan

Beberapa sekolah kadang masih memperbolehkan orangtua mengawasi kegiatan anak di dalam kelas saat hari-hari pertama masuk sekolah. Orang tua hanya perlu melihatnya dari kejauhan. Berikan kebebasan dan biarkan sang anak mengeksplorasi sendiri apa yang ditemukannya di sekolah. Anak perlu mencoba mengatasi kecemasan dan ketakutannya sendiri. Setelah berhasil, anak akan percaya diri.

  1. Berikan salam perpisahan

Anda sebagai orang tua tidak perlu diam-diam pergi karena takut sang anak menangis. Jika anak menangis ketika anda pamit untuk pulang, katakan pada anak bahwa anda akan kembali untuk menjemputnya. Anda juga tidak perlu diam-diam menyelinap ke dalam sekolah ketika melihat sang anak merengek minta di temani. Justru hal itu akan tetap membuat anak merasa takut dan khawatir.

  1. Perkenalkan Anak Pada Calon Gurunya

Terkadang, kehadiran seorang guru bisa menjadi sosok yang menyeramkan untuk sang anak. Kesan guru yang menyeramkan bagi anak ini biasanya didapatkan dari lingkungan teman-teman yang usianya lebih tua dari sang anak, dimana teman-temannya tersebut sudah bersekolah dan seringkali menceritakan mengenai lingkungan sekolah dan bagaimana sikap guru yang galak. Nah, untuk menepis segala kecemaan dan ketakutan dalam diri anak, maka tidak ada salahnya untuk memperkenalkan anak terlebih dahulu pada calon gurunya. Ketika anak melihat calon gurunya dan ternyata gurunya adalah sosok yang ramah, maka perasaan takut dan cemas tersebut bisa hilang dari bayangan sang anak.

Demikan tips mengurangi perasaan cemas anak di hari pertama masuk sekolah, semoga bermanfaat. (AGT)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY