Tips Mengurangi Lipatan Lemak pada Tubuh

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Lipatan lemak dapat terjadi karena pola makan yang tidak sehat. Apabila mengonsumsi gorengan, gula dan karbo secara berlebihan maka lemak akan memadat didalam tubuh kita sehingga menjadi lipatan. Bagaimana supaya tidak menimbulkan lipatan lemak? Berikut tips mengurangi lipatan lemak:

  1. Bersepeda

Olahraga yang cukup efektif untuk membakar lemak di tubuh adalah bersepeda. Bersepeda setiap hari akan cukup untuk menghilangkan timbunan lemak di perut, lengan, dan paha. Bersepeda sangat efektif membakar lemak di tubuh karena ketika bersepeda, otot dibagian paha akan bekerja secara terus-menerus.

  1. Push-up dan sit-up

Melakukan sit-up dan push-up di pagi hari, dapat bermanfaat untuk mengontrol nafsu makan karena dapat menyebabkan efek mudah kenyang. Lakukan 10 kali sit-up dan 10 kali push-up­. Naikkan intensitas latihan setiap harinya. Hal ini akan membantu anda mengecilkan perut dalam waktu yang singkat karena dapat menghilangkan lemak di perut.

  1. Berlari

Olahraga yang cukup mudah dilakukan untuk menghilangkan lemak ditubuh yaitu lari. Rutin melakukan olahraga lari setiap hari akan membuat timbunan lemak di perut serta bagian lainnya terkikis. Anda dapat berlari di taman, lapangan, jalan yang tidak ramai, dan berbagai tempat lainnya yang memungkinkan untuk melakukannya.

  1. Jahe dan madu

Jika anda tidak mempunyai cukup waktu untuk berolahraga atau terlalu lelah bekerja, anda dapat mencoba mengecilkan perut buncit menggunakan ramuan tradisional. Jahe secara alami mampu menekan nafsu makan, sehingga anda bisa mengurangi asupan makan dengan mudah karena merasa tidak terlalu lapar. Madu pun juga bisa dimanfaatkan untuk mengecilkan perut buncit. Madu mengandung zat yang akan membakar lemak tubuh secara tak langsung yaitu fruktosa. Cara membuatnya cukup mudah. Campurkan 3 sdm madu dan 2 sdm perasan jahe ke dalam gelas dan diseduh dengan air panas. Minumlah 2 kali sehari.

  1. Mengonsumsi teh hijau

Teh hijau terkenal akan banyak khasiatnya. Sejak dulu teh hijau dipercaya menjadi salah satu cara untuk menurunkan berat badan dan mengecilkan perut yang efektif. Teh Hijau dapat memperlancar metabolisme tubuh, termasuk metabolisme lemak, sehingga akan membantu menghilangkan lemak pada tubuh. Minumlah teh hijau dengan teratur sebelum anda makan untuk mendapatkan manfaatnya secara maksimal. Pastikan pula anda meminumnya tanpa gula. Meminum teh hijau sebelum makan, otomatis akan membuat perut anda terasa lebih kenyang saat makan, dan tentu saja mengurangi porsi makan.

  1. Memperbanyak konsumsi air putih

Memperbanyak konsumsi air putih membuat nafsu makan berkurang drastis, sehingga dapat makan sesuai kebutuhan tubuh saja.

  1. Memperbanyak konsumsi buah dan sayur

Sayur-sayuran dan buah-buahan adalah makanan rendah lemak dengan sedikit kandungan kalori dan tinggi serat. Kandungan serta yang tinggi ini akan membantu mengikat air sehingga pencernaan dapat berlangsung lebih baik agar dapat melarutkan lemak.

  1. Istirahat cukup

Kebiasaan tidur terlalu larut merupakan kebiasaan buruk yang tidak bisa ditolerir jika ingin mengurangi lemak di tubuh. Saat merasa lelah akibat kurang tidur, ubuh akan memproduksi ghrelin dalam jumlah besar, sehingga keinginan untuk memakan makanan yang banyak mengandung lemak dan makanan manis akan meningkat pesat. Tidak heran jika sering begadang membuat perut semakin buncit.(KKM).

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here