Tips Mengusir Rasa Kesepian

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Rasa kesepian merupakan perasaan dimana kita merasa sendiri dan tidak bisa mendapatkan suatu hal yang membuatnya merasakan bahagia. Meski sebenarnya memiliki teman dan di kelilingi oleh keramaian, rasa kesepian bisa saja muncul tiba-tiba. Karena rasa kesepian itu sebenarnya tidak datang dari luar namun dari diri kita sendiri.

Sebenarnya normal saja jika seseorang mengalami rasa kesepian karena pasti semua orang pernah mengalami titik kehidupan dimana membuatnya merasa kesepian. Rasa kesepian menjadi mengkhawatirkan apabilla berlangsung lama yang mana dapat menganggu kesehatan anda.

Meski tidak seharusnya dikhawatirkan, rasa kesepian juga tidak boleh dibiarkan sebab akan menganggu aktivitas harian anda. Oleh karena itu sebaiknya anda mencoba mencari cara untuk mengusir rasa kesepian yang anda rasakan. Agar anda tidak bingung, berikut beberapa tips mengusir rasa kesepian yang bisa anda lakukan:

  1. Cari penyebab rasa kesepian

Penyebab dari kesepian itu bermacam-macam. Jadi setelah anda mengetahui penyebab dari rasa kesepian anda maka akan lebih mudah dan lebih tepat menggunakan cara mana untuk menghilangkan rasa kesepian tersebut. Contohnya anda merasa kesepian karena tidak punya teman maka cara yang dilakukan untuk mengusir kesepian yaitu dengan mencari teman baru.

  1. Ungkapkan rasa kesepian anda

Setelah mengetahui apa yang menyebabkan anda kesepian atau saat dimana rasa kesepian muncul, sebaiknya coba untuk mengungkapkan rasa kesepian yang anda rasakan. Ada banyak cara yang bisa anda lakukan seperti bercerita ke orang terdekat. Jika bercerita cukup sulit, maka ada cara lain yaitu dengan menuliskan rasa kesepian anda. Dengan menulis cerita anda, maka dapat membantu meredakan stress yang anda rasakan.

  1. Berpikir positif

Jika rasa kesepian sudah mulai menghilang, maka pertahankan dan perbaiki kepercayaan diri anda. Tetaplah berpikir positif bahwa anda tidak sendirian, ada teman atau orang sekitar yang tetap memikirkan anda dan juga bisa bahagia bersama anda.

  1. Menyibukkan diri

Tips yang cukup efektif untuk menghilangkan rasa kesepian yaitu dengan menyibukkan diri anda sehingga anda tidak berfokus lagi kepada rasa kesepian tersebut. Misalnya jika anda sudah selesai dari pekerjaan di kantor atau dimanapun anda bisa menyibukkan diri dengan melakukan hobi anda seperti bernyanyi, membaca buku, olahraga dan lain sebagainya.

  1. Terlibat dengan suatu komunitas

Ada saatnya anda perlu bersosialisasi agar tidak merasa kesepian yaitu dengan berkabung dalam suatu komunitas. Sehingga anda akan lebih banyak teman, saling bertukar informasi dan tentunya akan bertemu dengan orang yang menyenangkan yang bisa membantu menghilangkan rasa kesepian yang anda rasakan. (DKA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here