Tips Menikmati Seks di Malam Pertama

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Pasangan yang baru menikah pastinya mengidamkan malam pertama yang sempurna. Tapi, kenyataannya tak selalu demikian. Terkadang malam pertama menjadi momen yang canggung dan penuh kekhawatiran. Terutama pada pihak wanita, kebanyakan dari mereka yang baru pertama berhubungan seks kerap mengalami cemas berlebihan karena takut kalau hubungan seks pertama itu akan menyakitkan.

Pada dasarnya, wanita yang berhubungan seks untuk pertama kalinya akan merasakan rasa nyeri pada vagina karena robeknya selaput dara (lipatan membran yang menutup sebagian area luar vagina). Robeknya selaput dara ini ditandai dengan adanya bercak darah pada vagina. Beberapa wanita ada yang tidak mendapati selaput daranya robek. Tapi, bukan berarti tak perawan karena bisa saja selaput dara robek karena hal lain, terlebih bila gemar melakukan olahraga ekstrim.

Menurut pendapat benyak seksolog, kondisi emosional bisa lebih besar pengaruhnya terhadap kenyamanan saat seks ketimbang kondisi fisik. Rasa sakit pada malam pertama umumnya disebabkan oleh kecemasan dan kekhawatiran karena membayangkan rasa sakit yang akan dialami. Inilah yang membuat tubuh cenderung kaku dan tegang sehingga tak bisa menikmati rangsangan seksual yang diberikan suami secara maksimal. Selain cemas akan rasa sakit, kurang percaya diri dengan bentuk tubuh juga dapat memicu ketidaknyamanan saat seks pertama.

Melakukan seks untuk pertama kalinya sebagai pengantin baru tak selalu dapat diperkirakan akan bagaimana jadinya. Untuk itu, agar seks pertama terasa nyaman, berikut beberapa tips yang dapat membantu:

  • Berkomunikasi. Komunikasi itu penting untuk terciptanya kehidupan seksual yang berkualitas. Jangan ragu untuk selalu mengungkapkan perasaan yang Anda rasakan pada pasangan. Ketika merasakan sakit pada malam pertama, mintalah pasangan agar memperlambat gerakan atau berganti posisi sehingga masing-masing pihak dapat merasa nyaman dan memperoleh kepuasan seksual yang maksimal.
  • Buat diri senyaman mungkin. Nyaman secara fisik maupun mental adalah kunci utama menikmati seks. Oleh karenanya, penting untuk membekali diri dengan pendidikan seks yang memadai. Jangan biarkan kecemasan mengambil alih fokus Anda ketika menikmati momen intim bersama pasangan.
  • Let it flow. Rasa sakit di malam pertama juga dapat disebabkan penetrasi terlalu cepat padahal pihak wanita belum siap. Lakukanlah foreplay lebih lama agar wanita memproduksi pelumas yang memadai. Ini adalah kunci agar wanita dapat menikmati seks, dan seks pertama akan terasa sangat menyakitkan bila pelumasan vagina tak memadai.

Pada wanita, rasa sakit saat melakukan hubungan intim juga dapat menandakan masalah pada organ reproduksi, seperti infeksi vagina, kista ovarium, endometriosis, dan penyakit menular seksual. Maka dari itu, jika hubungan seks berikutnya pun selalu terasa menyakitkan dan beberapa tips di atas tidak membantu, jangan tunda untuk melakukan pemeriksaan medis. (RVZ)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here