Tips Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh Dimusim Hujan

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Hujan merupakan salah satu rezeki dan anugrah yang diberikan Allah untuk setiap makhluk hidup. Akan tetapi musim hujan akan beresiko membuat tempat menjadi lebih lembab sehingga pertumbuhan dan pencemaran bakteri, virus dan jamur. Sehingga pada musim hujan orang akan lebih rentan sakit.

Untuk memerangi penyakit dan menjaga kesehatan tubuh dapat dilakukan upaya dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh atau imuns. Berikut ini beberapa tips untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh di musim hujan, antara lain :

  1. Mencuci tangan

Mencuci tangan merupakan hal yang simple namun memberikan efek besar dalam kesehatan. Kebiasaan mencuci tangan selama 20-30 detik menggunakan sabun dan air mengalir dapat membunuh kuman dan bakteri sekitar 90%. Hal ini tentu baik untuk dilakukan karena pada saat kita akan makan atau berjabat tangan dengan orang tidak akan menularkan atau tertular dari kuman dan bakteri.

  1. Pola istirahat

Menjaga waktu istirahat yang berkualitas dapat menjadi salah satu cara untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Frekuensi normal istirahat orang dewasa sekitar 7-8 jam/hari, sedangkan pada anak-anak frekuensi istirahatnya sekitar 9-11 jam/hari.

  1. Hara haci bu

Istilah ‘hara haci bu merupakan pepatah dari jepang yang berarti makan sampai 80% penuh. Pepatah tersebut bermaksud agar makan dalam porsi yang sewajarnya. Hal ini dapat menjadi salah satu cara untuk meningkatkan sistem imuns. Kebanyakan makan akan menyebabkan kenaikan berat badan dan membuat kinerja usus menjadi berat yang dapat beresiko mengakibatkan maag, diare, dan mual.

  1. Menjaga kesehatan usus

Sekitar 70-80% sistem kekebalan tubuh berada pada saluran pencernaan. Mikrobiota usus memiliki hubungan yang cukup erat dengan kesehatan secara menyeluruh. Untuk menjaga kesehatan usus anda harus menjaga pola makan dan dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung probiotik (bakteri baik) bagi usus.

  1. Kurangi asupan gula

Untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh anda dapat menghindari atau membatasi makanan atau minuman yang memiliki kandungan gula. Tingginya asupan gula pada tubuh akan mempengaruhi sistem kekebalan tubuh. Selain itu akan beresiko pada penyakit diabetes.

  1. Penuhi kebutuhan cairan

Kandungan air dalam tubuh orang sekitar 70-80%. Untuk itu kita harus memenuhi kebutuhan cairan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, melancarkan aliran darah, dan menjaga kesehatan sistem pencernaan.

  1. Kontrol stres

Stress merupakan salah satu hal yang dapat menyebabkan beberapa gangguan kesehatan seperti penurunan sistem kekebalan, gangguan pencernaan, gangguan tidur, dll. Untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh anda dapat mengkontrol stres dengan baik dan bijak.

  1. Hindari alkohol

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh dimusim hujan anda dapat menghindari makanan atau minuman yang beralkohol. Hal ini dikarena alkohol dapat merusak kesehatan anda. (KMY)


Warning: A non-numeric value encountered in /home3/sehatfre/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here