Tips Menjadi Orangtua Bagi Generasi Milenium

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Sahabat Pembaca, pernahkah Anda sebagai orangtua seringkali merasa bingung karena anak-anak Anda susah diatur, utamanya karena mereka merupakan generasi millennium?

Bagaimana Menjadi Orangtua untuk Generasi Milenium?

Banyak orangtua merasa kewalahan dalam mendidik anak generasi milenium. Alasannya karena tidak nyambung dengan pemikiran dan kegiatan anak zaman sekarang. Orangtua seringkali membanding-bandingkan kehidupan anaknya dengan kehidupan orangtuanya yang sudah benar-benar berbeda. Lalu bagaimana  tips menjadi orangtua generasi milenium?

  • Menjadi Orangtua yang Terbuka Pada Perubahan

Banyak orangtua yang jauh terhadap kehidupan anaknya karena terlalu menerapkan prinsip kuno bagi anaknya. Misalnya anak perempuan tidak perlu berpendidikan tinggi tapi harus pandai mengurus dapur.

Pemikiran yang seperti itu memang sudah tidak bisa dibenarkan lagi. Orangtua harus terbuka dengan banyaknya perubahan termasuk perubahan kehidupan anak yang ada saat ini. Pola asuh yang diterapkan oleh orangtua zaman dahulu dan diterapkan pada orangtua zaman sekarang seringkali sudah usang dan tidak bisa dipertahankan lagi.

  • Memberi Fasilitas Teknologi

Fasilitas teknologi menjadi salah satu kunci generasi milenial. Banyak orangtua dari kalangan masyarakat ke bawah yang masih kukuh untuk melarang anaknya memanfaatkan teknologi. Alhasil ini menjadikan banyaknya generasi gaptek di negeri ini. Orangtua yang lahir di tahun 1960-an tidak semuanya berada pada taraf ekonomi maju. Tapi setidaknya jika mau berusaha tentu bisa mendapatkan yang terbaik. Kemiskinan sebenarnya ada dua hal, karena malas atau karena memang dalam keadaan tertentu membuat seseorang menjadi miskin. Tentunya dengan perkembangan zaman memang orangtua harus mendukung anaknya untuk bisa memanfaatkan teknologi yang ada.

  • Memberikan Kesempatan Belajar Bahasa Inggris Sejak Dini

Mau tidak mau, tantangan bahasa Inggris menjadi semakin perlu. Setiap interview kerja yang pertama ditanyakan pasti juga kelebihan atau skill, salah satunya ialah kemampuan bahasa Inggris yang menjadi nilai plus. Orangtua generasi milenum memang harus giat bekerja untuk membekali anaknya mengikuti kesempatan bahasa Inggris sejak dini. Setiap konten di internet juga didominasi oleh bahasa Inggris dan ini menjadikan anak lebih siap terhadap tantangan zaman.

  • Memahami Anak Sebagai Generasi Digital

Mau tidak mau kini sekarang sudah berbasis digital. Jika dulu anak mendapatkan uang saku dari orangtuanya dengan uang tunai, kini juga sudah harus beralih ke ATM. Jika orangtua dahulu menghubungi anaknya lewat telepon, kini sudah menggunakan media sosial. Memang tidak bisa dipungkiri lagi, setiap orangtua jika ingin dekat dengan anaknya yang remaja tentu harus memahami pola pikir dan dominasi kegiatan para remaja di era sekarang.

Demikian informasi mengenai tips menjadi orangtua bagi setiap generasi milennium. Semoga dapat bermanfaat bagi setiap Pembaca. (MLS).

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here