Tips Menjaga Diri Agar Tidak Menjadi Korban Pelecehan Seksual

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Pelecehan seksual masih menjadi momok menakutkan bagi beberapa kalangan remaja, yang kerap kali menjadi korban dari pelecehan seksual. Pelecehan seksual adalah perilaku yang berkaitan dengan kegiatan seks yang dilakukan seseorang dengan paksaan. Pelecehan seksual sendiri dapat berdampak buruk bagi korban, ia akan merasakan trauma yang begitu mendalam karena kejadian yang ia alami. Tentu saja Anda tidak ingin diri Anda atau orang terdekat Anda mengalami pelecehan seksual bukan? Jika iya maka berikut adalah beberapa cara untuk menjaga diri agar tidak menjadi korban pelecehan seksual:

  • Menarik perhatian banyak orang. Ketika Anda sedang berada di tengah-tengah keramaian dan Anda mendapatkan perlakuan yang berujung pada pelecehan seksual lebih baik Anda segera mencari perhatian orang yang ada disekitar agar orang tersebut mengurungkan niatnya dan juga Anda bisa terhindar dari pelecehan seksual.
  • Selalu wasapada. Pada keadaan apapun Anda dituntut untuk selalu waspada dengan gerak gerik orang disekitar Anda yang mempunyai potensi untuk melakukan pelecehan seksual, jangan biarkan siapapun melakukannya kepada Anda, maka ketika Anda melihat ada seseorang yang gerakannya mencurigakan maka sebaiknya Anda segera menjauh darinya.
  • Melakukan setting speed dial darurat. Canggihnya teknologi sebaiknya dimanfaatkan sebaik mungkin, Anda bisa mengatur panggilan keluar Anda dengan hanya memencet tombol shortcut saja, misalnya tombol 9 untuk orang yang dekat dengan Anda atau nomor penting seperti polisi. Jika Anda merasakan ada sesuatu yang tidak beres maka Anda bisa langsung menekan tombol darurat itu untuk mendapatkan bantuan tanpa harus menekan banyak tombol.
  • Menjadi lebih peka. Disini Anda harus lebih peka dengan kondisi yang sedang terjadi, misalnya saja Anda sedang menunggu bus ditempat umum, kemudian ada seorang pria yang mengajak Anda untuk mengobrol, jika insting atau perasaan Anda mengatakan kalau pria ini akan melakukan pelecehan seksual maka segera menjauhlah darinya.
  • Hindari berjalan di tempat sepi sendirian. Tempat sepi menjadi tempat favorit bagi para pelaku kejahatan dan pelecehan seksual, maka dari itu menghindari tempat-tempat yang sepi saat berjalan sendirian dapat mencegah Anda terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.
  • Membela diri. Jika Anda mendapatkan perlakuan pelecehan seksual maka langkah yang paling bisa Anda lakukan adalah membela diri Anda sendiri, membela diri bisa saja dengan menyemprotkan airmerica ke mata pelaku, atau kalau Anda mempunyai keahlian bela diri Anda dapat memberikan pelaku pelajaran yang akan membuat pelaku mengurungkan niatnya. (RNJ)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY