Tips Menjaga Kehamilan Muda Supaya Tetap Sehat

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Menjalani trimester pertama kehamilan tidaklah mudah. Banyak perubahan yang dialami tubuh dan ibu hamil pun akan merasakan berbagai keluhan, seperti morning sickness, nyeri payudara, ngidam, dan sering buang air kecil. Keluhan tersebut perlu ditangani secara tepat karena janin rentan keguguran di bulan-bulan awal kehamilan.  Berikut adalah beberapa tips menjaga kehamilan muda agar janin tumbuh normal dan sehat di dalam kandungan:

Menjaga pola makan

Nutrisi merupakan faktor krusial untuk mendukung kehamilan yang sehat. Morning sickness seringkali membuat ibu hamil malas makan. Hal ini bisa disiasati dengan makan lebih sering dan perbanyak minum air putih untuk menetralkan rasa pahit di lidah. Ibu hamil juga bisa mengonsumsi makanan sehat pereda mual, seperti apel, pisang, dan minuman jahe. Ibu hamil juga biasanya mengalami sembelit. Karenanya, tingkatkan konsumsi makanan berserat terutama buah dan sayur, serta batasi gorengan, makanan pedas, dan minuman soda. Sertakan makanan kaya serat dan lakukan aktivitas tubuh yang ringan. Pastikan juga ibu hamil mengonsumsi vitamin prenatal secara teratur.

Istirahat yang cukup

Ibu hamil mudah mengalami kelelahan. Sebisa mungkin ibu hamil harus mencukupi kebutuhan istirahatnya. Hindari kebiasaan tidur larut malam. Kurang tidur dapat menyebabkan kelalahan yang pada gilirannya memicu kontraksi rahim berlebihan. Hal ini dapat menyebabkan keguguran.

Tidak merokok dan minum alkohol

Merokok dapat menyebabkan keguguran, persalinan prematur, berat badan lahir rendah, dan cacat lahir. Risiko komplikasi kehamilan juga lebih tinggi pada ibu hamil yang minum alkohol.

Kendalikan stres

Perubahan hormon di awal kehamilan juga berdampak pada ibu hamil secara emosional. Ibu hamil seringkali menjadi mudah cemas, gelisah, dan tiba-tiba menangis. Untuk mengatasinya, ibu hamil perlu belajar bagaimana cara mengendalikan stres, semisal dengan yoga dan meditasi. Latihlah diri untuk selalu berpikir positif dan nikmati setiap proses kehamilan yang dilalui.

Jangan menahan keinginan untuk buang air kecil

Menahan keinginan buang air kecil dapat memicu infeksi saluran kemih yang dapat membahayakan kehamilan. Dorongan buang air kecil di malam hari dapat disiasati dengan mengurangi asupan cairan ketika sore dan hindari minuman berkafein.

Rutin periksa kehamilan

Penting bagi ibu hamil untuk tidak melewatkan jadwal pemeriksaan kehamilannya. Di trimester awal, pemeriksaan kehamilan dapat mengidentifikasi kelainan kromosom dan masalah lainnya pada janin. Ibu hamil juga harus segera memeriksakan kehamilannya ke dokter jika mengalami tanda-tanda bahaya pada kehamilan, seperti pendarahan tiba-tiba, keluar cairan vagina abnormal, gatal vagina, dan nyeri atau panas saat buang air kecil. (RFZ)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here