Tips Menjaga Kesehatan Anak Selama Menjalani Puasa

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Puasa mengajarkan anak agar memiliki pola hidup yang disiplin, sabar, mau berbagi serta mengendalikan diri. Pengenalan puasa bagi anak sebaiknya dilakukan secara bertahap. Sesuaikan dengan daya tahan tubuh dan kemampuan masing-masing anak.

Meski anak harus menahan lapar dan haus selama beberapa jam saat berpuasa, pertumbuhan dan perkembangannya tidak akan terganggu. Pemenuhan kebutuhan nutrisi dan sumber energi anak bisa dilakukan pada saat sahur, berbuka dan di luar waktu berpuasa lainnya. Berikut tips supaya si kecil tetap sehat selama menjalani puasanya:

  1. Sajikan makanan sehat dan bergizi

Saat berpuasa, asupan makanan yang dikonsumsi sangat berpengaruh pada kondisi tubuh. Saat sahur sebaiknya sajikan makanan dengan jenis karbohidrat kompleks, makanan tinggi protein dan sayuran. Karbohidrat kompleks ini dapat membantu melepaskan energi lebih lambat selama berpuasa.

Beberapa contoh karbohidrat kompleks, seperti nasi merah, oatmeal, bubur kacang hijau dan ubi jalar. Makanan yang tinggi protein seperti daging, telur dan ikan juga sebaiknya disertakan dalam menu sahurnya. Untuk mencegahnya mengalami maag, hindari mengonsumsi makanan yang yang digoreng, berminyak atau pedas.

  1. Tidak berpuasa penuh

Jangan langsung menyuruh anak untuk berpuasa sehari penuh. Mengajari anak untuk berpuasa harus dilakukan secara perlahan-lahan. Disarankan untuk mengajarinya menahan haus dan lapar selama beberapa jam terlebih dahulu.

  1. Sahur

Membangunkan anak untuk sahur merupakan salah satu tantangan terberat dalam mengajari si kecil berpuasa. Karena masih mengantuk, ia biasanya enggan untuk bangun dan makan. Maka dari itu, sebelum mulai berpuasa, sebaiknya ibu memberikan penjelasan mengenai pentingnya makan di waktu sahur untuk mencegah si kecil kelaparan dan lemas selama berpuasa. Ajari anak untuk makan dengan lembut dan sabar pada saat sahur. Katakan juga bahwa dengan bersahur, ia akan memiliki energi cukup untuk bermain saat berpuasa.

  1. Istirahat cukup

Istirahat dengan cukup saat berpuasa dapat membuat tubuh tetap segar. Di malam hari, sebaiknya anak tidak tidur larut malam supaya tidak susah dibangunkan sahur dan tubuh terasa segar saat bangun tidur.

  1. Minum air putih

Dengan banyak minum, dapat membuat tubuh terhidrasi dengan baik sehingga menghindarkan anak dari kekurangan cairan saat berpuasa. Terlebih, saat berpuasa anak tetap menjalankan aktivitas seperti biasanya. Dengan cukup minum air putih saat sahur dan berbuka, tubuhnya akan tetap segar dan bugar dalam menjalankan aktivitasnya.

  1. Jalankan aktivitas dan olahraga

Berpuasa bukan berarti membuat anak tidak beraktivitas dan berolahraga. Kegiatan ini bermanfaat dalam metabolisme tubuh. Namun, sebaiknya hindari beraktivitas terlalu tinggi dan memilih olahraga yang tepat saat berpuasa. Jika anak bermain bersama teman-temannya dengan permainan yang menguras energi, seperti sepak bola, balapan sepeda, bisa membuatnya kelelahan. (KKM)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here