Tips Menjaga Kesehatan Gigi Remaja saat Lebaran

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Saat mudik Lebaran ke kampung halaman, makanan-makanan khas Lebaran pastinya terhidang dan mengundang untuk disantap bersama-sama. Makanan khas Lebaran seperti opor ayam yang bersantan dan kue-kue manis merupakan lingkungan yang baik untuk retensi plak yang menimbulkan risiko kerusakan gigi bila tidak dibersihkan dengan baik.

Menjaga kesehatan mulut dan gigi di kala lebaran, adalah hal yang penting untuk dilakukan. Hal ini karena, masalah pada gigi bisa menimbulkan dampak yang mengganggu aktivitas Anda, yakni sariawan dan napas tak segar. Lalu, bagaimana cara menjaga kesehatan gigi dan mulut agar puasa lancar? Simak ulasannya sebagai berikut :

drg Dewi Isroyati dari Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia mengemukakan beberapa cara membersihkan gigi yang baik, yakni menggunakan benang gigi atau dental floss untuk membersihkan makanan yang kadang menyangkut di sela gigi.

“Hindarilah penggunaan tusuk gigi,” kata dia. Dewi mengatakan tusuk gigi dapat menyebabkan sisa makanan masuk ke dalam area gusi yang dapat menyebabkan iritasi pada area gusi.

Selain itu, ada beberapa cara lain untuk menjaga kesehatan gigi saat lebaran, yaitu sebagai berikut :

  • Hindari Mengonsumsi Makanan Panas dan Dingin Bersamaan. Seperti yang Anda ketahui salah satu kebiasaan orang Indonesia adalah sering mengonsumsi makanan panas dan dingin pada waktu bersamaan. Sebagai contoh adalah, saat Anda memesan bakso ataupun mie ayam pastinya Anda juga akan memesan minuman yang dingin seperti es teh, es jeruk, jus buah ataupun es campur yang disertai dengan banyak es. Jika kebiasaan ini dilakukan secara terus-menerus akan menimbulkan efek buruk pada gigi Anda yaitu gigi akan lebih mudah rapuh. Untuk menyiasatinya, Anda dapat memesan minuman lainnya seperti air meneral ataupun minuman hangat.
  • Kurangi Mengonsumsi Makanan Manis. Cara merawat gigi agar tetap sehat selanjutnya adalah mengurangi makanan manis yang tinggi akan gula. Gula merupakan salah satu penyebab pembusukan pada gigi. Jika gula bergabung dengan plak, bakteri streptococus mutans akan menghasilkan asam yang dapat menyebabkan gigi berlubang secara cepat. Maka dari itu, mulailah menghindari makanan yang manis, lengket dan juga asam, selain dapat membuat gigi rusak dan berlubang, makanan manis juga dapat menyebabkan gula darah semakin naik.
  • Bersihkan lidah. Selain berkumur dan menggosok gigi, membersihkan lidah setelah makan sahur dan berbuka, dapat membuat gigi dan mulut lebih sehat. Karena, bakteri bisa saja menempel pada lidah Anda, yang bisa menyebabkan bau mulut yang mengganggu puasa.
  • Kunjungi dokter. Sebagai tindak pencegahan, kunjungilah dokter gigi selama 6 bulan sekali, untuk mendapatkan perawatan terbaik agar kesehatan gigi terjaga. Hal ini juga akan semakin memperkecil risiko gangguan gigi yang dapat merusak gigi Anda.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY