Tips Menjaga Kesehatan Jantung Agar Tetap Sehat di Usia Remaja

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Jantung merupakan salah satu organ tubuh paling penting yang ada dalam tubuh seseorang. Jangankan untuk hidup tanpa adanya jantung, jika fungsi jantung seseorang terganggu, maka rutinitas sehari-harinya pun akan terganggu. Gangguan fungsi jantung yang dialami seseorang jelas akan membuat sesorang merasakan nyeri. Untuk penyakit sendiri, cukup banyak penyakit yang berhubungan dengan jantung. Penyakit yang berhubungan dengan jantung biasa disebut kardiovaskular.

Kesehatan jantung sendiri bisa terganggu akibat kebiasaan buruk orang itu sendiri. Mulai dari makanan yang dikonsumsi, gaya hidup yang tidak sehat dan malas melakukan aktifitas fisik seperti berolahraga. Nah, kali ini penulis akan memaparkan beberapa tips menjaga kesehatan jantung, khususnya untuk Anda yang berada di usia remaja.

  • Tidak malas bergerak

Seperti yang telah dikatakan di atas, bahwa dengan malas bergerak, akan menimbulkan kesehatan jantung menurun. Dengan berolahraga secara rutin, Anda telah membantu jantung Anda mmiliki ritme yang lebih kuat. Di usia remaja, Anda harus lebih banyak bergerak, sebab hormon dalam tubuh sedang berkembang dan akan sangat mengganggu jika kondisi jantung Anda tidak dalam keadaan yang sehat.

Jika Anda terlalu sibuk untuk melakukan olahraga berat, Anda bisa menyempatkan diri untuk berjalan santai di sekitar rumah, sekolah atau kampus selama 30 menit sehari. Jika hal ini rutin dilakukan, maka kerja jantung Anda juga akan meningkat. Selain itu, dengan rutin bergrak, maka lemak yang tertimbun dalam tubuh akan semakin sedikit, karena terbakar saat Anda berolahraga.

  • Tidak mencoba rokok

Tidak heran jika di usia remaja, Anda berkeinginan untuk mencoba-coba. Apalagi dengan benda yang satu ini, rokok. Tidak sedikit pria yang memulai kecanduannya terhadap rokok dari usia remaja. Namun, bukan hal yang asing jika efek samping dari rokok sangat buruk bagi kesehatan. Terutama untuk jantung dan paru-paru Anda.kandungan zat yang ada dalam rokok cukup untuk membuat kesehatan jantung Anda menurun. Selain itu, jika Anda menjauhi rokok, Anda juga telah membantu menyelamatkan hidup orang lain dengan tidak merokok di dekatnya.

  • Menjauhi minuman beralkohol

Tidak hanya rokok, remaja yang sedang dalam tahap pencarian jati diri juga tidak jarang tercebur dalam pergaulan yang melibatkan minuman beralkohol di dalamnya. Sama seperti halnya rokok, minuman beralkohol pun sudah diketahui memiliki efek buruk bagi tubuh, termasuk jantung. Minuman keras bisa merusak otot-otot yang ada di jantung Anda secara perlahan setiap kali Anda meminumnya.

  • Menjaga pola tidur

Normalnya, seseorang membutuhkan waktu selama delapan jam untuk tidur. Dalam keadaan tidur, tubuh akan  memulihkan diri dari beragam hal yang telah di lewati saat siang hari. Tidur adalah waktu bagi tubuh untuk beristirahat, termasuk otak dan jantung. Kesibukan di siang harinya telah membuat jantung Anda bekerja keras. Jadi, biasrkan jantung Anda beristirahat di malam hari. Menurut penelitian, seseorang yang memiliki kualitas tidur yang buruk dan waktu tidur yang sedikit bisa meningkatkan resiko kerusakan jantung lebih besar dibandingkan mereka yang tidur dengan waktu yang cukup. (IKS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here