Tips Menjaga Kesehatan Payudara

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Payudara merupakan salah satu bagian tubuh terpenting dalam tubuh wanita. Menjaga dan memelihara kesehatan payudara sangatlah penting untuk menghindarkan wanita dari berbagai masalah payudara termasuk kanker payudara.

Kanker payudara merupakan salah satu jenis kanker yang paling banyak mengakibatkan kematian pada wanita. Karena itu menjadi tanggung jawab setiap wanita menyadari semua hal seputar kesehatan payudara. Untuk menjaga kesehatan payudara, ada beberapa hal mudah yang dapat di lakukan, diantaranya:

  • Kurangi makanan berlemak

Makanan tinggi lemak dapat meningkatkan resiko kanker payudara. Kelebihan lemak dalam tubuh menghasilkan estogen yang kemudian di simpan dalam jaringan payudara sehingga memicu tumbuhnya sel kanker. Membatasi konsumsi lemak sehari-hari sampai kira-kira 20 persen dari seluruh konsumsi kalori, berarti Anda telah mengurangi risiko tumbuhnya kanker payudara.

  • Olahraga secara teratur

Berolah raga selama kurang lebih 45 menit sampai 1 jam secara rutin dapat mencegah kanker payudara. Latihan kebugaran dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh, mengurangi resiko obesitas, menurunkan kadar hormon estrogen dan insulin.

Sebuah riset menujukkan bahwa yang wanita melakukan olahraga aerobik selama 3,8 jam atau lebih per minggu lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan kanker payudara dibanding mereka yang tidak pernah berolahraga sama sekali. Manfaat olahraga akan maksimal jika digabungkan dengan konsumsi makanan yang sehat.

  • Pilih bra sesuai ukuran

Pemilihan bahan dasar dan ukuran bra yang tidak sesuai dapat menimbulkan iritasi pada payudara. Mengenakan bra yang salah juga bisa merusak ikatan sendi pada payudara, membuat payudara terasa sakit dan kendur. Pilihlah bra dengan bahan yang nyaman di kulit dan ukuran yang pas untuk membuat payudara sehat.

  • Hindari rokok dan alkohol

Rokok erat kaitannya dengan berbagai risiko kesehatan termasuk kanker. Telah banyak penelitian yang menujukkan bahwa konsumsi alkohol meningkatkan risiko kanker payudara. Semakin sering Anda merokok dan mengonsumsi alkohol, semakin tinggi risiko Anda terkena kanker payudara.

  • Menjaga berat badan

Kegemukan dapat memicu berbagai macam penyakit seperti jantung, diabetes hingga kanker payudara. Seiring bertambahnya usia, maka berat badan pun bertambah. Jaga berat badan tetap ideal dengan menerapkan gaya hidup sehat serta meningkatkan aktifitas fisik.

  • Memeriksakan payudara secara rutin

Periksakan payudara minimal setiap 3 tahun sekali ketika usia mulai mendekati 20 tahun. Wanita yang berusia 40 tahun keatas dan mempunyai riwayat kanker payudara turunan harus melakukan pemeriksaan secara rutin. Pemeriksaan bisa dilakukan melalui MRI, sonogram atau mammogram.

Menerapkan gaya hidup sehat dan mengonsumsi makanan yang seimbang adalah kunci agar bisa terhindar dari penyakit kanker payudara. Satu lagi yang penting adalah selalu menjaga pikiran Anda dari stres atau depresi yang berlebihan. Pasalnya, stres jangka panjang ternyata bisa memperbesar risiko terkena kanker payudara akibat perubahan hormon yang bisa memicu pertumbuhan sel tumor.


Warning: A non-numeric value encountered in /home3/sehatfre/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here